Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI23417, author = {Arinda Wardiana and Anggun Prasetyo}, title = {KETERKAITAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN HAPPINESS AT WORK PADA KARYAWAN GENERASI Y PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR JAKARTA}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {perceived organizational support; happiness at work; karyawan generasi Y; PT. Telkomsel Jakarta}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan perceived organizational support dan happiness at work pada karyawan generasi Y PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Jakarta. Perceived organizational support adalah keyakinan, pandangan atau penilaian karyawan tentang dukungan yang diberikan organisasi dalam memenuhi kesejahteraan karyawan atas kontribusi karyawan, sedangkan happiness at work adalah perasaan positif karyawan berupa menikmati pekerjaan dan perasaan senang berada di lingkungan kerja, baik bekerja secara individu maupun berkelompok yang dapat meningkatkan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah 989 karyawan dan sampel penelitian 129 subjek. Karyawan generasi Y dipilih sebagai subjek penelitian dikarenakan tahun 2020-2030 diperkirakan Indonesia mengalami bonus demografi, dimana angkatan usia kerja didominasi oleh generasi Y. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling . Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Perceived Organizational Support (39 aitem valid dengan α=0,932) dan Skala Happiness at work (48 aitem valid dengan α=0,949). Berdasarkan metode analisis regresi sederhana didapatkan hasil r xy =0,706 dengan p=0,000(p<0,05), dimana hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif antara perceived organizational support dan happiness at work. Perceived organizational support memberikan sumbangan efektif sebesar 49,9% terhadap happiness at work. }, issn = {2829-1859}, pages = {1154--1159} doi = {10.14710/empati.2018.23417}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23417} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan perceived organizational support dan happiness at work pada karyawan generasi Y PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Jakarta. Perceived organizational support adalah keyakinan, pandangan atau penilaian karyawan tentang dukungan yang diberikan organisasi dalam memenuhi kesejahteraan karyawan atas kontribusi karyawan, sedangkan happiness at work adalah perasaan positif karyawan berupa menikmati pekerjaan dan perasaan senang berada di lingkungan kerja, baik bekerja secara individu maupun berkelompok yang dapat meningkatkan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah 989 karyawan dan sampel penelitian 129 subjek. Karyawan generasi Y dipilih sebagai subjek penelitian dikarenakan tahun 2020-2030 diperkirakan Indonesia mengalami bonus demografi, dimana angkatan usia kerja didominasi oleh generasi Y. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Perceived Organizational Support (39 aitem valid dengan α=0,932) dan Skala Happiness at work (48 aitem valid dengan α=0,949). Berdasarkan metode analisis regresi sederhana didapatkan hasil rxy=0,706 dengan p=0,000(p<0,05), dimana hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif antara perceived organizational support dan happiness at work. Perceived organizational support memberikan sumbangan efektif sebesar 49,9% terhadap happiness at work.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University