HUBUNGAN ANTARA PEER SUPPORT DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BIDIKMISI TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS DIPONEGORO

STELLA DYAH P, Jati Ariati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer support dengan self-regulated learning pada mahasiswa bidikmisi tahun pertama di Universitas Diponegoro Semarang. Self-regulated learning bagi peserta didik berperan penting untuk mengatur pembelajaran agar dapat mencapai tujuan belajar. Self-regulated learning yang dimiliki mahasiswa tak lepas dari faktor lingkungan, salah satunya adalah kawan sebaya (peer). Peer support yang dirasakan atau diterima oleh mahasiswa pada fase remaja, membantu mahasiswa pada proses belajar yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memengaruhi self-regulated learning mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program S1 bidikmisi tahun pertama Universitas Diponegoro Semarang yang berjumlah 1280 orang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program S1 bidikmisi tahun pertama Universitas Diponegoro sebanyak 297 orang yang diambil menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu skala yang dimodifikasi dari Social Provisions Scale (16 aitem valid, α = 0,838) dan skala yang diadaptasi dari Skala Self-Regulated Learning (14 aitem valid, α = 0,832). Metode analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,304 dengan p = 0,000 (p<0,01) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara peer support dengan self-regulated learning. Semakin tinggi peer support maka semakin tinggi self-regulated learning.

 

Kata Kunci: Peer Support; Self-regulated Learning; Mahasiswa Bidikmisi

 


Keywords


Peer Support; Self-regulated Learning; Mahasiswa Bidikmisi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats