HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN COPING STRESS PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA JURUSAN MUSIK DI INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Gebby Charitas Ignatia Situmorang, Dinnie Ratri Desiningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan coping stress pada mahasiswa tingkat pertama Jurusan Musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Coping stress merupakan usaha untuk menghadapi setiap tuntutan yang menekan individu baik berasal dari dalam maupun luar diri sendiri. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami, mengenali, merasakan, mengelola dan mengatur perasaan diri sendiri dan orang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini 98 mahasiswa tingkat pertama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kecerdasan Emosional 24 aitem (α = .886) dan skala Coping Stress 39 aitem (α = .935). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil hipotesis yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan coping stress (Rxy = .671). Semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin baik coping stress yang digunakan dan sebaliknya. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 45 %  (R square = .450) dengan nilai p = .000 (p > .05) terhadap coping stress mahasiswa tingkat pertama Jurusan Musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

 

Kata Kunci: kecerdasan emosional; coping stress; mahasiswa tingkat pertama


Keywords


kecerdasan emosional; coping stress; mahasiswa tingkat pertama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats