skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER VALUE DENGAN INTENSI PEMBELIAN BATIK SEMARANGAN PADA ANGGOTA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 24 Sep 2018; Published: 27 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer value dengan intensi pembelian Batik Semarangan pada anggota Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro. Intensi pembelian Batik Semarangan merupakan niat atau kecenderungan individu untuk membeli Batik Semarangan guna memenuhi kebutuhan serta keinginannya dan akan mengambil keputusan pembelian apabila memiliki daya beli. Intensi pembelian Batik Semarangan dipengaruhi oleh customer value, yaitu persepsi konsumen terhadap produk atau jasa yang hendak dibeli, yang kemudian dievaluasi berdasarkan penilaian keseluruhan antara apa yang akan diterima dengan pengorbanan yang telah dilakukan. Sampel penelitian berjumlah 82 dengan karakteristik subjek penelitian adalah anggota aktif Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Customer Value (14 aitem, α= 0,879) dan Skala Intensi Pembelian Batik Semarangan (19 aitem, α= 0,875). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara customer value dengan intensi pembelian Batik Semarangan (rxy= 0,614 dengan p = 0,000) yang berarti bahwa semakin positif customer value maka semakin tinggi intensi pembelian Batik Semarangan. Customer value memberikan sumbangan efektif sebesar 37,6% terhadap intensi pembelian Batik Semarangan.

Fulltext View|Download
Keywords: customer; batik; value

Article Metrics:

  1. Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. New York: Open University Press
  2. Amin, F., Soelistijadi, R., & Priambodo, A. (2012). Aplikasi E-Commerce Sentra Batik di Kota Semarang Sebagai Salah Satu Upaya Media Promosi dan Transaksi Secara Online. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 67-74
  3. Assael, H. (2002). Consumer Behavior and Marketing Action: Fourth Edition. Boston: Kent Publishing Company
  4. Chi, D. H., Yeh, D. H., & Tsai, Y. C. (2011). The Influences of Perceived Value on Consumer Purchase Intention: The Moderating Effect of Advertising Endorser. Journal of International Management Studies, 92-97
  5. Putra, G. T., & Harijanto, R. (2015). The Impact of Customer Value Proposition towards Purchase Intention of Chesa Cup. iBuss Management Vol. 3, No. 2, 241-251
  6. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga
  7. Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of a Multiple Item Scale. Journal of Retailing, 203-205
  8. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andy
  9. Wee, C. S., Ariff, M. S., Zakuan, N., Tajudin, M. N., Ismail, K., & Ishak, N. (2014). Consumers Perceptions, Purchase Intention and Actual Purchase Behavior of Organic Food Products. Review of Integrative Business and Economics Reasearch, 378-397

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.