skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMA NEGERI 1 KEMANGKON DI KABUPATEN PURBALINGGA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Masalah yang terjadi pada siswa SMA saat ini salah satunya adalah belum memiliki kepastian dalam mengambil langkah setelah kelulusan. Untuk itu diperlukan kematangan karir pada diri siswa karena kematangan karir merupakan kesiapan individu dalam menentukan pilihan-pilihan karir. Kepercayaan diri dapat membantu siswa dalam meyakini kemampuan diri yang dimiliki untuk menentukan karir yang sesuai. Kepercayaan diri merupakan sikap pada diri seseorang yang memiliki keyakinan akan kemampuan diri, mampu berpikir positif dan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kematangan karir pada siswa SMA. Total jumlah populasi dalam penelitian adalah 198 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 120 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan berupa Skala Kepercayaan Diri (35 aitem, α=0,94) dan Skala Kematangan Karir (39 aitem, α=0,94). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dan kematangan karir sebesar r=0,622; dengan p=0,000 (p<0,01). Kepercayaan diri memberikan sumbangan efektif sebesar 38,7% terhadap kematangan karir siswa SMA.

Fulltext View|Download
Keywords: kepercayaan diri; kematangan karir; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Bidjuni, H. (2016). Hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan, 4(2), 1-7
  2. BPS. (2017). Pengangguran terbuka menurut pendidikan yang ditamatkan. Diunduh dari https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2017.html
  3. Ghufron, M.N. & Risnawati, R. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  4. Hamid. (2013). Ada 27 persen lulusan SMA/SMK menganggur. Diunduh dari http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction
  5. Hartiningtyas, L, Purnomo, & Elmunsyah, H. (2016). Hubungan antara self regulated learning dan locus of control internal dengan kematangan vokasional siswa SMK. Jurnal Pendidikan, 1(6), 1127-1136
  6. Hurlock, E.B. (2004). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga
  7. Islamadina, E. F. & Yulianti, A. (2016). Persepsi terhadap dukungan orangtua dan kesulitan pengambilan keputusan karir pada remaja. Jurnal Psikologi, 12(1), 33-38
  8. Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200-210
  9. Komara, I.B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Psikopedia, 5(1), 1-10
  10. Lauster, P. (2003). Personality test (Terj. D.H. Gulo). Jakarta: Bumi Aksara
  11. Lestari, W.T. (2013). Relationship between self efficacy with career maturity at the end college students. Journal Emphaty, 2(1), 1-8
  12. Nugraheni, I. (2013). Hubungan antara pusat kendali internal dengan kematangan karir pada siswa kelas XII SMK Kristen 1 Klaten.Jurnal Empathy, 3(1), 1-22
  13. Purnomo, D.P. & Harmiyanto. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonaldan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55-59
  14. Said, F.B. (2015). Hubungan rasa percaya diri dan motivasi berprestasi dengan mutu hasil belajar mahasiswa Politeknik Kesehatan Banjarmasin Program Studi Kesehatan Gigi Banjarmasin. Jurnal Skala Kesehatan, 6(1), 1-9
  15. Sharf, R.S. (2010). Applying carrer development theory of counseling. California: Cole Publishing Company
  16. Simamora, E., Asih, & Mutia C. (2015). Hubungan keyakinan diri dan kemandirian dengan kematangan vokasional. Jurnal Magister Psikologi UMA, 7, 50-57
  17. Susantoputri, M.K., & Gunawan, W. (2014). Hubungan antara efikasi diri karier dengan kematangan karier pada remaja di daerah Kota Tangerang. Jurnal Psikologi, 10(1), 67-73
  18. Winkel, W.S. & Hastuti, M.M.S. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan (Edisi revisi, cetakan kelima). Yogyakarta: Universitas Sanatha Dharma
  19. Worthington, R.L, Flores, L.Y., & Navarro, R.L. (2005). Career development in context: Research with people of color. In S.D. Brown & R.W. Lent. Career development and counseling: Putting theory and research to work (pp. 225-252). New Jersey, JY: John Wiley & Sons, Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.