skip to main content

HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XII SMAN 1 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan harga diri siswa kelas XII SMAN 1 Semarang. Harga Diri adalah evaluasi yang dibuat individu terhadap diri sendiri mengenai perasaan berarti dan berharga yang diekspresikan melalui sikap-sikap individu terhadap dirinya. Efektivitas Komunikasi Interpersonal adalah sejauh mana komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih dimana pesan yang disampaikan dapat dimengerti, dipersepsi dan menghasilkan reaksi. Sehingga komunikasi yang terjalin dapat dikatakan efektif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 1 Semarang dengan karakteristik subjek penelitian yaitu terdaftar sebagai siswa atau siswi kelas XII SMA Negeri 1 Semarang, usia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 205 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random smpling. Pengumpulan data menggunakan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal (37 aitem valid; α = 0,930) dan Skala Harga Diri (29 aitem valid; α = 0,894). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara efektivitas komunikasi intrpersonal dengan harga diri dengan koefisien korelasi rxy = 0,680 (p < .001). Artinya semakin positif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin tinggi harga diri dan semakin negatif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin rendah harga dirinya. Efektivitas komunikasi interpersonal memberikan sumbangan efektif terhadap harga diri sebesar 46,2%.

Fulltext View|Download
Keywords: efektivitas komunikasi interpersonal, harga diri, siswa kelas XII.

Article Metrics:

  1. Ali, M. dan M. Asrori. (2008). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT.Bumi Aksara
  2. Andayani, T.R. (2009). Efektivitas komunikasi interpersonal. Semarang: Badan Penerbit Undip Semarang
  3. Aw Suranto. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
  4. DeVito, J. A. ( 2011). Komunikasi antarmanusia, Edisi Kelima. Tangerang Selatan: Karisma Publishing
  5. Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz
  6. Hidayat, D. (2012). Komunikasi antarpribadi dan medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu
  7. Hurlock, E.B. (2009). Psikologi perkembangan: suatu rentang pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga
  8. Mruk, C. J. (2006). Self esteem research, theory, and practice. New York: Springer Publishing Company
  9. Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  10. Santrock, J. W. (2007). Remaja edisi kesebelas, Jilid I. New York: Erlangga
  11. Sari, R. P., Andayani, T. R. dan Maskur, A. M. (2006). Pengungkapan Diri Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Diponegoro ditinjau dari Jenis Kelamin dan Harga Diri. Journal of psychology Vol. 3 No. 2
  12. Sarwono, S. W. (2012). Pikologi remaja. Jakarta: Rajawali pers
  13. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  14. Suhron, M. (2016). Asuhan keperawatan konsep diri : self esteem. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press
  15. Yuniarti, Y.N. (2009). Hubungan Persepsi Efektivitas Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Siswa Sman 1 Polanharjo. Skripsi
  16. Zuffiano, A. (2014). The Relation Between Prosociality and Self-Esteem from Middle-Adolescence to Young Adulthood. Elsevier – Journal of personality and individual differences, 63, 24-29. http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2014.01.041

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.