Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI21708, author = {Edwin Maulana B. and Endang Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN HARGA DIRI SISWA KELAS XII SMAN 1 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {efektivitas komunikasi interpersonal, harga diri, siswa kelas XII.}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan harga diri siswa kelas XII SMAN 1 Semarang. Harga Diri adalah evaluasi yang dibuat individu terhadap diri sendiri mengenai perasaan berarti dan berharga yang diekspresikan melalui sikap-sikap individu terhadap dirinya. Efektivitas Komunikasi Interpersonal adalah sejauh mana komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih dimana pesan yang disampaikan dapat dimengerti, dipersepsi dan menghasilkan reaksi. Sehingga komunikasi yang terjalin dapat dikatakan efektif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 1 Semarang dengan karakteristik subjek penelitian yaitu terdaftar sebagai siswa atau siswi kelas XII SMA Negeri 1 Semarang, usia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 205 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random smpling. Pengumpulan data menggunakan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal (37 aitem valid; α = 0,930) dan Skala Harga Diri (29 aitem valid; α = 0,894). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara efektivitas komunikasi intrpersonal dengan harga diri dengan koefisien korelasi rxy = 0,680 (p < .001). Artinya semakin positif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin tinggi harga diri dan semakin negatif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin rendah harga dirinya. Efektivitas komunikasi interpersonal memberikan sumbangan efektif terhadap harga diri sebesar 46,2%. }, issn = {2829-1859}, pages = {755--761} doi = {10.14710/empati.2018.21708}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21708} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal dengan harga diri siswa kelas XII SMAN 1 Semarang. Harga Diri adalah evaluasi yang dibuat individu terhadap diri sendiri mengenai perasaan berarti dan berharga yang diekspresikan melalui sikap-sikap individu terhadap dirinya. Efektivitas Komunikasi Interpersonal adalah sejauh mana komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih dimana pesan yang disampaikan dapat dimengerti, dipersepsi dan menghasilkan reaksi. Sehingga komunikasi yang terjalin dapat dikatakan efektif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 1 Semarang dengan karakteristik subjek penelitian yaitu terdaftar sebagai siswa atau siswi kelas XII SMA Negeri 1 Semarang, usia 15-18 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 205 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random smpling. Pengumpulan data menggunakan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal (37 aitem valid; α = 0,930) dan Skala Harga Diri (29 aitem valid; α = 0,894). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara efektivitas komunikasi intrpersonal dengan harga diri dengan koefisien korelasi rxy = 0,680 (p < .001). Artinya semakin positif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin tinggi harga diri dan semakin negatif persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal maka semakin rendah harga dirinya. Efektivitas komunikasi interpersonal memberikan sumbangan efektif terhadap harga diri sebesar 46,2%.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University