skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu seberapa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang berjumlah 481 siswa yang terdiri dari 14 kelas. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 217 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Perilaku Kecerdasan Spiritual yang terdiri dari 30 aitem (α=0,868) dan Skala Motivasi Belajar yang terdiri dari 28 aitem (α=0,897). Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,555 dan p = 0,000. Sumbangan efektif kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar sebesar 30,8% sedangkan 69,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu, terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA dapat diterima. Semakin tinggi kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin rendah kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, semakin rendah motivasi belajar.

Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan spiritual, motivasi belajar

Article Metrics:

  1. Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosional dan spiritual. Jakarta: Arga
  2. Darsono. (2001). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
  3. Dimyati & Mudjiono. (2009) Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Doe & Walch. (2001). 10 prinsip spiritual parenting. Bandung: Mizan Media Utama
  6. Hapsari, R. P. (2010). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar pada mahasiswa d iv kebidanan fakultas kedokteran universitas sebelas maret. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret: UNS Surakarta
  7. Haji, J., Ilham, S., & Bambang, A. (2013). The intelligence, emotional, spiritual quotients and quality of managers. Journal of Management and Business Research, Vol. 13, No. 3, hh. 9-10
  8. Mulyasa, E. (2007). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosdakarya
  9. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & rnd. Bandung: Alfabeta
  10. Sukmawati, E. (2009). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar pada mahasiswa semerter ii akademi kebidanan mitra husada karanganyar. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
  11. Suryabrata, S. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
  12. Zohar, D., & Marshall, I. (2002). Sq – spiritual intelligence: the ultimate intelligence. London: Bloomsbury

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.