skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN ASERTIVITAS PADA REMAJA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 17 Sep 2018; Published: 30 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan asertivitas pada remaja SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan skala konsep diri (α = 0,878) dan skala asertivitas (α = 0,865) sebagai alat pengambilan data. Penelitian dilakukan pada 278 siswa SMA. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rxy = 0,512 dengan p = 0,000 (p < 0,05) artinya hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Konsep diri yang positif akan meningkatkan asertivitas yang dimiliki oleh siswa dan sebaliknya jika konsep diri yang dimiliki oleh siswa negatif maka asertivitas yang dimiliki oleh siswa akan menurun. Konsep diri memberikan sumbangan efektif pada asertivitas sebesar 26,2%. Secara keseluruhan, hasil menunjukan bahwa mayoritas siswa-siswi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang memiliki konsep diri dan asertivitas yang positif.

Fulltext View|Download
Keywords: konsep diri; asertivitas; remaja

Article Metrics:

  1. Alberti, R., & Emmons, M. (2008). Your perfect right: panduan praktis hidup lebih ekspresif
  2. dan jujur pada diri sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo
  3. Darwono, B. (2014, 17 Oktober) Mengapa di kelas siswa pasif?. Diunduh dari http://serba-serbi-infodik.blogspot.co.id/2014/10/mengapa-di-kelas-siswa-cenderung-pasif.html
  4. Erbay, E., & Akcay, S. (2013). Assertiveness skill of social work students: A case pf turkey
  5. Academic Reasearch International. 4(2), 316-323
  6. Fensterhem, H., & Baer, J. (2005). Jangan bilang ya bila anda akan mengatakan tidak. Alih Bahasa Budithjaya. Jakarta: Gunung Jati
  7. Hargie, O., & Dickson, D. (2004). Skill interpersonal communication. New York: Routledge
  8. Hurlock, E. B. (2014). Psikologi perkembangan; Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Edisi ke-5). Alih bahasa; Istiwadayanti & Sijabat, Max R. Jakarta: Erlangga
  9. Husetiya, Y. (2010). Hubungan asertivitas dengan prokartinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas diponegoro semarang. Skripsi (tidak diterbitkan) Semarang: Universitas Diponegoro
  10. Novianti, M. C., & Tjalla, A. (2008). Assertive behavior on early teen. Diunduh di: http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2008/Artikel_1050310 7.pdf
  11. Pranata, R. A. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi seksual pranikah pada siswa di SMA Negeri 10. Jurnal empati. 6(1), 352-356
  12. Pusparani, A. (2014). The relationship between self-concept with assertiveness in class X students Kesatrian 2 Senior High School Semarang. Jurnal Empati. 3(4), 51-61
  13. Santrock, J. W. (2007). Remaja. (Jilid 1). Jakarta: Erlangga
  14. Santrock, J. W. (2008). Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga
  15. Santrock, J. W. (2012) Perkembangan masa hidup. (Edisi 13). (Jilid 1). Terjemahan oleh Sallama. Jakarta: Erlangga
  16. Sarwono, S. W. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  17. Sikone, S. (2007). Menanamkan sikap asertif di sekolah. Tersedia di:
  18. groups.yahoo.com/group/pakguru-online/message/2400
  19. Sriyanto, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Vol 41, No.1 74-88
  20. Syam, N. W. (2012). Psikologi sosial sebagai akar ilmu komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
  21. Townend, A. (2007). Assertiveness and Diversity. Diunduh dari: http://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id+uU6EDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq =assertiveness+and+diversity&ots=LOg8gaEaWJ&sig=PFJ_rPCGrkL6sr6Ltw0qbsNyH4Q&redir_esc=y#v=onepage&q=assertiveness%20and%20diversity&f=false
  22. Yasdiananda, E. W. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 Merangin. Vol 1, No 1 2013 : 102-112

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.