HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT DENGAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI PADA KARYAWAN PERUSAHAAN DISTRIBUTOR PT. X

PRISKI APRILIANI PUTRI, Ika Zenita Ratnaningsih

Abstract


Perilaku Kewargaan Organisasi (PKO) merupakan perilaku pilihan karyawan yang berada di luar tugas formal karyawan yang berdampak pada meningkatnya efektifitas kerja perusahaan. Salah satu penyebab munculnya PKO dalam diri karyawan adalah ketika karyawan memiliki perasaan mampu akan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan pekerjaan dan merasa memiliki pengaruh terhadap perusahaan, karyawan tersebut disebut sebagai karyawan dengan psychological empowerment yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological empowerment dengan PKO pada karyawan perusahaan distributor PT. X. Subjek berjumlah 85 karyawan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan Skala Psychological Empowerment yang terdiri dari 22 aitem dengan nilai α = 0,869 dan Skala PKO yang terdiri dari 23 aitem dengan nilai α = 0,890. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana yang menunjukkan hasil rxy = 0,349 dengan p = 0,001 (p<0,005) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan PT. X memiliki tingkat PKO yang tinggi karena memiliki tingkat psychological empowerment yang tinggi pula. Psychological empowerment memberikan sumbangan efektif sebesar 12,2% pada variabel PKO, sedangkan 87,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.


Keywords


perilaku kewargaan organisasi; psychological empowerment; perusahaan distributor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats