skip to main content

GAYA HIDUP ANGGOTA KOMUNITAS DAN KLUB MOTOR KOTA SEMARANG PADA USIA DEWASA AWAL

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia


Citation Format:
Abstract

Komunitas dan klub motor merupakan suatu kelompok sosial masyarakat yang tergabung karena adanya kesamaan minat terhadap sesuatu, khususnya motor. Komunitas dan klub motor menjadi salah satu sarana bagi sesama pengguna motor dengan merek yang sama untuk berkumpul, bermain, berkomunikasi, dan berinteraksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat memahami gaya hidup yang dijalankan individu usia dewasa awal sebagai anggota komunitas dan klub motor kota Semarang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan teknik analisis IPA. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara dengan bantuan rekaman audio dan catatan lapangan. Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive. Subjek yang diikutkan dalam penelitian ini adalah anggota komunitas dan klub motor kota Semarang yang berada pada usia dewasa awal sejumlah empat subjek. Hasil penelitian menghasilkan tiga tema besar antara lain dinamika mengikuti kegiatan komunitas dan klub motor, menjalani kehidupan sehari-hari,  dan memaknai diri di usia dewasa awal. Dinamika mengikuti kegiatan komunitas dan klub motor mereka harus mengikuti semua kegiatan yang ada komunitas dan klub motor tersebut. Menjalani kehidupan sehari-hari sebagai anggota komunitas dan klub motor tidak lepas dari kehidupan pada umumnya, seperti menjalani kehidupan dengan keluarga dan lingkungan masyarakat dan menjalani pekerjaan. Memaknai diri di usia dewasa awal yang lebih berwarna dari segi sosial dan perilaku dalam kehidupannya.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Gaya Hidup, Komunitas dan Klub Motor, Dewasa Awal, Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)

Article Metrics:

  1. Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press
  2. Baron, A.R & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga
  3. Ekowati, T., & Puspitasari, I. (2014). Analisis gaya hidup konsumen remaja di kota Purworejo. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 10 No. 1. Januari 2014
  4. Hurlock, B.E. (2002). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
  5. Myers, G.D. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  6. Papalia, E.D., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika
  7. Pratiwi, G.I. (2015). Perilaku konsumtif dan bentuk gaya hidup. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, Vol 1 No. 5. Mei 2015
  8. Saban, A. (2015). Identitas kelompok pengguna motor Yamaha RX king di kota Manado. Jurnal Holistik, No. 15. Januari-Juni 2015
  9. Sankara, G.H. (2012). Eksistensi KMYCO motor club Bali dan ekspresinya sebagai budaya jalanan di kota Denpasar. Humanis, Vol 2 No. 1. Desember 2012
  10. Santrock, J. W. (2012). Life span development- perkembangan masa hidup edisi ketigabelas jilid 2. Jakarta: Erlangga
  11. Sarwono, S.W., & Meinarno, E.A. (2014). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  12. Smith, J.A. (2009). Psikologi kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  13. Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2009). Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana
  14. Taylor, S.E., Peplau, L.A., & Sears, D.O. (2006). Social psychology twelfth edition. New Jersey, NJ: Pearson Education

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.