HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN ACADEMIC SELF-HANDICAPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR

Kalista Vidyadhara, Dian Ratna Sawitri

Abstract


Kewajiban mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan, telah menyebabkan munculnya indikasi strategi pertahanan harga diri yang justru merugikan mahasiswa. Academic self-handicapping adalah salah satu bentuk strategi perlindungan harga diri yang dapat menurunkan kualitas hidup dan prestasi akademik. Pada sisi lain, regulasi diri terbukti memiliki hubungan positif dengan pencapaian akademik yang dibutuhkan mahasiswa, terutama mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan academic self-handicapping. Populasi penelitian ini adalah 1914 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan tugas akhir dan 144 orang diambil sebagai sampel menggunakan convenience sampling. Pengukuran dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Skala Regulasi Diri (41 aitem; α = 0,914) dan Skala Academic Self-Handicapping (27 aitem; α = 0,858). Uji korelasi Spearman-Brown menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan academic self-handicapping yang ditunjukkan dengan rxy = -0,229 dan p = 0,006 (p  < 0,01). Semakin tinggi regulasi diri, maka semakin rendah academic self-handicapping. Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir diharapkan dapat meminimalisir academic self-handicapping dengan menerapkan regulasi diri selama mengerjakan tugas akhir. 

 


Keywords


regulasi diri, academic self-handicapping, mahasiswa, tugas akhir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats