HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA DALAM ASUHAN NENEK DI SMP NEGERI 1 NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO

Destyantita Fairuz Panewaty, Endang Sri Indrawati

Abstract


Siswa SMP adalah individu yang memasuki tahap remaja awal, yaitu masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada tahap tersebut individu berada pada masa storm and stress, sehingga diperlukan penyesuaian sosial agar individu dapat diterima dengan baik di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian sosial. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro yang berada dalam asuhan nenek berjumlah 46 siswa. Subjek penelitian diperoleh dengan teknik sampling jenuh atau studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu Skala Penyesuaian Sosial (25 item α = 0,888) dan Skala Dukungan Sosial Orangtua (46 item α = 0,946). Uji hipotesis dengan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi 0,661 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian sosial. Semakin positif dukungan sosial orangtua yang dirasakan maka semakin tinggi penyesuaian sosial pada siswa dalam asuhan nenek di SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 43,7% pada penyesuaian sosial. Sebagian besar subjek dalam penelitian ini merasakan dukungan sosial orangtua yang positif serta memiliki penyesuaian sosial yang tinggi.

 


 


Keywords


Dukungan sosial orangtua, Penyesuaian sosial, Siswa asuhan nenek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats