Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI20148, author = {Ulfatus Sa'adah and Jati Ariati}, title = {HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT (KETERLIBATAN SISWA) DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {7}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {prestasi akademik matematika; remaja; student engagement}, abstract = { Prestasi akademik merupakan indikator keberhasilan pembelajaran di sekolah. Sebagai remaja, siswa SMA mengalami perubahan sebagai tugas perkembangan dan memiliki banyak tantangan pendidikan sebagai syarat kelulusan, sehingga diperlukan Student Engagement (Keterlibatan siswa) dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Student Engagement dengan prestasi akademik Mata Pelajaran Matematika pada siswa SMA. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang berjumlah 347 dan sampel penelitian berjumlah 234 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster sampling . Pengumpulan data menggunakan skala Student Engagement (21 aitem; α = 0,814) dan nilai prestasi akademik ujian tengah semester Mata Pelajaran Matematika. Analisis data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman yang menunjukkan nilai (rs = 0,142; p = 0,030). Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Student Engagement dengan prestasi akademik. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan Student Engagement pada jurusan IPA dan IPS, dimana Student Engagement pada jurusan IPA lebih tinggi dibanding jurusan IPS (Mdn IPA = 59; Mdn IPS = 56; p < 0,000). }, issn = {2829-1859}, pages = {69--75} doi = {10.14710/empati.2018.20148}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20148} }
Refworks Citation Data :
Prestasi akademik merupakan indikator keberhasilan pembelajaran di sekolah. Sebagai remaja, siswa SMA mengalami perubahan sebagai tugas perkembangan dan memiliki banyak tantangan pendidikan sebagai syarat kelulusan, sehingga diperlukan Student Engagement (Keterlibatan siswa) dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Student Engagement dengan prestasi akademik Mata Pelajaran Matematika pada siswa SMA. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang berjumlah 347 dan sampel penelitian berjumlah 234 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Student Engagement (21 aitem; α = 0,814) dan nilai prestasi akademik ujian tengah semester Mata Pelajaran Matematika. Analisis data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman yang menunjukkan nilai (rs = 0,142; p = 0,030). Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Student Engagement dengan prestasi akademik. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan Student Engagement pada jurusan IPA dan IPS, dimana Student Engagement pada jurusan IPA lebih tinggi dibanding jurusan IPS (MdnIPA = 59; MdnIPS = 56; p < 0,000).
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University