skip to main content

HUBUNGAN ANTARA STUDENT ENGAGEMENT (KETERLIBATAN SISWA) DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 27 Mar 2018; Published: 26 Jun 2020.

Citation Format:
Abstract

Prestasi akademik merupakan indikator keberhasilan pembelajaran di sekolah. Sebagai remaja, siswa SMA mengalami perubahan sebagai tugas perkembangan dan memiliki banyak tantangan pendidikan sebagai syarat kelulusan, sehingga diperlukan Student Engagement (Keterlibatan siswa) dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Student Engagement dengan prestasi akademik Mata Pelajaran Matematika pada siswa SMA. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang berjumlah 347 dan sampel penelitian berjumlah 234 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Student Engagement (21 aitem; α = 0,814) dan nilai prestasi akademik ujian tengah semester Mata Pelajaran Matematika. Analisis data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman yang menunjukkan nilai (rs = 0,142; p = 0,030). Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara Student Engagement dengan prestasi akademik. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan Student Engagement pada jurusan IPA dan IPS, dimana Student Engagement pada jurusan IPA lebih tinggi dibanding jurusan IPS (MdnIPA = 59; MdnIPS = 56; p < 0,000).

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: prestasi akademik matematika; remaja; student engagement

Article Metrics:

  1. Permendikbud No.59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta
  2. Permendikbud No.3 tahun 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta
  3. Anonim. (2016). Informasi Umum SNMPTN 2016. Diunduh dari http://snmptn.ac.id
  4. Appleton, J. J., Christenson, S.L., & Furlong, M. J. (2008). Student engagement with school: critical conceptual and methodological issues of the construct. Psychology in the Schools, 45(5), 369-386
  5. Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  6. Battin-Pearson, S., Newcomb, M. D., Abbott, R. D., Hill, K. G., Catalano, R. F., & Hawkins, J. D. (2000). Predictors of early high school dropout: A test of five theories. Journal of Educational Psychology, 92(3), 568-582
  7. Dharmayana, I. W., Kumara, A., Masrun, & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan siswa (Student engagement) sebagai mediator kompetensi emosi dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 30, 76-94
  8. Fineburg, A. C. (2009). Academic achievement. Dalam Lopez, S. J. (Ed), The encyclopedia of positive psychology: Volume I/A-K (pp. -). West Sussex: Wiley Blacwell
  9. Gunuc. S., (2014). The relationship between student engagement and their academic achievement. International Journal on New Trens in Education and Their Implication. Volume 5. Issue: 4. Article 19. ISSN 1309-6249
  10. Haque, R. A. (2015). Hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri siswa berprestasi kelas VIII SMP Negeri 2 Sukodono. Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya
  11. Hyde, C. E. (2009). The relationship between teacher assessment practice, student goal orientation, and student engagement in elementary mathematics. Dissertation. Diunduh dari Proquest. 3355464
  12. Kartiwi, D. P. (2011). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari bakat numeric dan kecemasan siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal pascasarjana UNDIKSHA. 7. (2). Diunduh dari http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pp/article/view/3/2
  13. Kemendikbud. (2017). Integritas Pelaksanaan UN Meningkat, Capaian UN Murni SMA/MA Meningkat. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id
  14. Khairat, M., Adiyanti, M.G. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai predictor subjective well-being remaja awal. Journal of Psychology. 1, (3). 180-191. ISSN: 2407-7798
  15. Kuh, G.D. (2009). What student affairs professionals need to know about student engagement
  16. Journal Of College Student Development, 50 (6), 683-706
  17. Linggasari, Y. (2015). Rerata Nilai UN SMA dan Sederajat Naik 0,3 Poin. Diunduh dari https://www.cnnindonesia.com
  18. Marks, H. M. (2000). Student engagement in instructional activity: Patterns in the elementary, middle, and high school years. American Educational Research Journal, 37, 153-184
  19. Mustika, R.A., & Kusdiyati,S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial Humaniora) Psikologi, Gelombang 2, Tahun Akademik 2014-2015. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1204
  20. Pambayun, T. (2010). Kecerdasan vs. kreativitas serta implikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Diunduh dari http://m.kompasiana.com
  21. Reeve, J. (2012). Handbook of research on student engagement. Journal of Educational psychology. 24(14). 149-172. Doi: 10.1007/978-1-4614-2018-7_7
  22. Reeve, J., & Tseng, C. M. (2011). Agency as a fourth aspect of students’ engagement during learning activities. Contemporary Educational Psychology. (1). Doi: 10.1016/j.cedpsyh.2011.05.002
  23. Sadia. W., Sukada. K., & Yudana. M., (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA 1 Kintamani. e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume: 4 Tahun 2013
  24. Salvin, R. E. (2010). Educational psychology: Theory and practice. (9th ed.). New Jersey:
  25. Pearson
  26. Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
  27. Yazzie-Mintz, E. (2009). Engaging the voices of students: A Report on the 2007 & 2008 High School Survey of Student Engagement. Bloomington, IN: Center for Evaluation & Education Policy

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.