skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN ADVERSITY INTELLIGENCE PADA MAHASISWA YANG MENJALANI MATA KULIAH TUGAS AKHIR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan adversity intelligence. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang menjalani mata kuliah skripsi atau tugas akhir. Sampel diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel adalah 93 orang berdasarkan rumus pengambilan sampel Slovin. Pengumpulan data menggunakan dua skala model Likert yaitu Skala Adversity Intelligence (30 aitem) dan Skala Dukungan Sosial Orangtua (58 aitem). Analisis hasil data dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi = 0,502 dengan p = 0,00 (p < 0,001). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan adversity intelligence pada mahasiswa yang menjalani mata kuliah skripsi atau tugas akhir di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Dukungan Sosial Orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 25,2% terhadap adversity intelligence.
Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial orangtua; adversity intelligence; mahasiswa; tugas akhir; skripsi

Article Metrics:

  1. Aini, N A., & Mahardayani, H. I. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa universitas muria kudus. Jurnal Psikologi PITUTUR, 1(2), 65-71
  2. Alafgani, A. P. (2013). Analisis faktor-faktor kesulitan mahasiswa jurusan pendidikan teknik arsitektur FPTK UPI dalam penyelesaian Skripsi. Thesis. Fakultas Pendidikan Teknologi
  3. dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. (Tidak Diterbitkan)
  4. Ardiansyah, M. R. (2011). Hubungan antara adversity quotient dengan kecemasan menghadapi skripsi pada mahasiswa program studi psikologi. Thesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Tidak Diterbitkan)
  5. Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). Hubungan antara distress dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Talenta Psikologi, 2(2), 2013
  6. Badan Standar Nasional Pendidikan. (2015). Standar Isi. Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/?page_id=103/
  7. Borang Akademik Fakultas Teknik. (2016). Rata-rata IPK lulusan fakultas teknik undip 5 tahun terakhir sampai tahun 2015. Diunduh dari http://file-ft.undip.ac.id/download/akademi/Borang-Akademik-2016.pdf
  8. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2014). Sistem pendidikan tinggi. Diakses dari http://dikti.go.id/profil-dikti/sistem-pendidikan-tinggi/
  9. Haryanto, D. (2012). Pengaruh dukungan sosial dosen terhadap stres mahasiswa menyusun skripsi fakultas psikologi universitas maulana malik ibrahim malang. Thesis. Fakultas Psikologi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang (Tidak Diterbitkan). Jaringan Berita Terluas di Indonesia. (2014, 5 Juli). 370 Mahasiswa Pascasarjana Unhas Terancam Drop Out. Diakses dari http://www.jpnn.com/read/2014/07/05/244285/370-Mahasiswa-Pascasarjana-Unhas-Terancam-Drop-Out
  10. Kaltimpost. (2015, 2 Agustus). Ya ampun... 823 mahasiswa terancam DO. Diakses dari http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/221877-ya-ampun...823-mahasiswa-terancam-do.html
  11. King, A. L. (2010). Psikologi umum. Jakarta: Salemba Humanika
  12. Kingofong, S. M. (2004). Penghambat pada pengerjaan skripsi. Skripsi. Universitas Surabaya. Lahey, B. B. (2007). Psychology: An introduction (9th ed.). New York: The McGraw-Hill
  13. Companies
  14. Mayer, L., & Lewis, M. (2012). The cambridge handbook of environment in human development. New York: Cambridge University Press. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Diunduh dari http://faperta.ugm.ac.id/2014/site/fokus/pdf/permen_tahun2014_nomor049.pdf
  15. Pangestuti, R. (2003). Penundaan penyelesaian skripsi (Studi kasus pada beberapa mahasiswa angkatan ’96 Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro). Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang(Tidak Diterbitkan)
  16. Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2010). Metode penelitian kuantitatif teori dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  17. Puspasari, D. A., Kuwato, T., & Wijata H. E. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan
  18. adversity quotient pada remaja yang mengalami transisi sekolah. Thesis. Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (Tidak Diterbitkan)
  19. Putri, A. R. (2009). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian diri dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa fakultas sikologi universitas diponegoro. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang (Tidak Diterbitkan)
  20. Sarafino, E.P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interactions (5th Edition). New York: John Wiley & Sons
  21. Soehartono, I. (2008). Metode penelitian sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Stoltz, P. (2004). Adversity quotient mengubah hambatan menjadi peluang terjemahan. Jakarta :
  22. PT Grasindo
  23. Tarmidi, & Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi antara dukungan sosial orangtua dan self-directed
  24. learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 37(2), 216-223
  25. Tian, Y., & Fan, X. (2014). Adversity quotients, enviromental variables, and career adaptability
  26. in student nurses. Journal of Vocational Behavior, 85, 251-257
  27. Toding, W. R. B., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam
  28. Ratulangi. Jurnal e-Biomedik, 3(1), 2015
  29. Universitas Diponegoro. (2014). Peraturan Akademik Universitas Diponegoro 2014. Diunduh dari http://psikologi.undip.ac.id/editor/upload/File/Perak2014.pdf
  30. Utami, I. B., Hardjono, & Karyanta, N. A. (2014). Hubungan antara optimisme dengan
  31. adversity quotient pada mahasiswa kedokteran UNS yang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(5), 154-167

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.