skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI GAME CENTER X SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game center X Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang bermain game online di game center X Semarang. Sampel penelitian berjumlah 70 orang yang dipilih menggunakan teknik convenient sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala intensitas bermain game online (45 aitem valid dengan α= 0,944) dan skala kontrol diri (20 aitem valid dengan α= 0,878). Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis Spearmant-Brown menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,817 dengan p=0,00 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan negative antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game center X Semarang dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negative menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variable adalah negatif, artinya semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah intensitas bermain game online.

Fulltext View|Download
Keywords: kontrol diri; intensitas bermain game online

Article Metrics:

  1. Badudu, J. (2007). Kamus kata-kata serapan asing dalam bahasa indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara
  2. Chaplin, J. (2011). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  3. Daldiyono. (2009). How to be a real and succesful student. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Ghufron, M., & Risnawita, R. (2011). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  5. Griffith, M., Davies, M., & Chapell, D. (2004). Online computer gaming: a comparison of adolescent and adult gamers. Journal Of Adolescence, 27(1), 84-96. DOI: 10.1016/j.adolescence.2003.10.007
  6. Piyeke, P. (2014). Hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online pada remaja di manado. Skripsi. Program Sarjana Universitas Sam Ratulangi Manado
  7. Solihin, O. (2007). Gaul tekno tanpa error. Jakarta: Gema Insani Press
  8. Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & B. Bandung: CV.Alfabeta
  9. Wulandari, R. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada remaja di warnet lorong cempak dalam Kelurahan 26 Ilir Palembang. Jurnal Fakultas Psikologi: Universitas Bina Darma Palembang 2015, 1-15
  10. Young, K. (2000). Cyber-disorders: the mental health concern for the new millennium. Cyber Psychology & Behavior, 3(5), 475-479
  11. Young, K. (2009). Understanding online gaming addictions and treatment issues for adolescents. The American Journal of family therapy, 37, 355-372

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.