skip to main content

HUBUNGAN ANTARA LEADER MEMBER EXCHANGE DENGAN SEMANGAT KERJA PADA KARYAWAN PT. APAC INTI CORPORA SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Semangat Kerja adalah sikap individu terhadap pekerjaan dan lingkungan kerjanya yang menunjukkan rasa kegairahan dalam melaksanakan pekerjaan sehingga mendorong individu untuk bekerja secara lebih baik dan lebih produktif. Leader Member Exchange (LMX) adalah kualitas interaksi antara atasan dengan bawahan sehingga tercipta perasaan suka rela pada diri karyawan untuk dapat berkorban bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan Leader Member Exchange  dengan Semangat Kerja pada karyawan PT. APAC Inti Corpora Semarang. Subjek pada penelitian berjumlah 98 orang, yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi: Skala Semangat Kerja (23 aitem valid, α = 0,89) dan Skala Leader Member Exchange (24 aitem valid, α = 0,90). Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara Leader Member Exchange dengan Semangat Kerja (rxy= 0,56; p<0,001). Semakin tinggi Leader Member Exchange  maka semakin tinggi Semangat Kerja karyawan, dan sebaliknya. Sumbangan efektif Leader Member Exchange terhadap Semangat Kerja karyawan sebesar 30,9% dan sisanya sebesar 69,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya bahwa LMX berperan penting terhadap Semangat Kerja karyawan.

Fulltext View|Download
Keywords: leader member exchange; semangat kerja; karyawan

Article Metrics:

  1. As’ad S. U. (2012). Psikologi industri: Seri ilmu sumber daya manusia (Edisi Revisi.). Yogyakarta: Penerbit Liberty
  2. Avolio & Sivasubramaniam. (2003). Context and leadership: An examination of the nine-factor full-range leadership theory using the multifactor leadership questionnaire. The Leadership Quarterly, 14(3), 261-295. Doi.org/10.1016/S1048-9843(03)00030-4
  3. Carlaw., Deming., & Friedman. (2003). Managing and motivating contact center employees. New York: Mc. Graw Hill Publishing Company
  4. Darmawan, D. (2007). Teori motivasi. Surabaya: Metromedia Education
  5. Dionne, L. (2000). Leader-member exchange (lmx): Level of negotiating latitude and job satisfaction. Shippagan: Universite Moncton
  6. Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
  7. Handoko, T. H. (2004). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE. Jurnal Empati, Agustus 2016, Volume 5(3), 443-449 449
  8. Hasdiabsar, J. (2011). Pengaruh leader- member exchange (lmx) dan beban kerja terhadap moral kerja. Skripsi. Program Sarjana Universitas Gunadarma Jakarta
  9. Nitisemito (2002). Manajemen personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia
  10. Sari, I A. (2006). Disiplin kerja karyawan ditinjau dari semangat kerja dan sikap karyawan terhadap kedisiplinan pemimpin. Skripsi. Program Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.