skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK FASHION BERMEREK TIRUAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara citra diri dengan intensi membeli produk fashion bermerek tiruan pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Citra diri adalah penilaian seseorang terhadap segala hal yang berkaitan dengan dirinya meliputi penampilan (fisik), psikologi, sosial akan kondisinya saat ini atau pun kondisi yang dicita-citakan sebagai hasil pengalaman. Intensi membeli produk fashion tiruan bermerek adalah keinginan, niat seseorang untuk melakukan pembelian produk fashion (baju, tas, sepatu, aksesoris) bermerek tiruan (KW) tertentu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.Jumlah populasi penelitian 600 mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Sampel penelitian yang digunakan ialah 221 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Data dianalisis mengunakan uji statistik non parametrik yaitu uji korelasi Spearman rho. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi Spearman rho (rs) sebesar -0,055 dengan nilai p= 0,413 (p > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara citra diri dengan intensi membeli produk fashion bermerek tiruan pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Fulltext View|Download
Keywords: citra diri, intensi membeli, mahasiswa

Article Metrics:

  1. Ahmad, W., Arshad, M. A., Sabir, I. A., & Arshraf, R. U. (2013). Antecedents of purchase intention for foreign apparel products among pakistani university students: implications for market entry strategy. Middle-East Journal of Scientific Research, 16(9), 1255-1263. DOI: 10.5829/idosi.mejsr.2013.16.09.12018
  2. Bian, X., & Moutinho, L. (2009). An investigation of determinants of counterfeit purchase consideration. Journal of Business Research, 62(3), 368–378. DOI: 10.1016/j.jbusres.2008.05.012
  3. Carpenter, J., & Edward, K. (2013). Us consumer attitude toward counterfeit fashion products. Journal of Textile and Apparel, Technology and Management, 8(1), 1-16
  4. Fajriah, L. R . (2015, 27 Januari). Mendag sebut 40% produk beredar di indonesia KW. Sindonews. Diakses dari http://ekbis.sindonews.com/read/956317/34/mendag-40-produk beredar-di-indonesia-kw-1422338739
  5. Junita, N. (2014, 19 Desember). Belanja online produk fashion yang paling dicari. Antara. Diakses dari: http://lifestyle.bisnis.com/read/201412ac19/220/384480/belanja-online-produk-fashion-paling-dicari
  6. Monks, F, J., & Haditono, K. S. R. (1998). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bidangnya. Yogyakarta: Gajahmada Universitas Press
  7. Mowen J. C., & Minor, M. (2002). Prilaku konsumen (edisi 5.). Jakarta: Erlangga
  8. Mulyady. (2014, 25 November). Sepuluh peringkat indonesia di dunia. Kompasiana. Diakses dari: http://www.kompasiana.com/mulyady1688/10-peringkat-indonesia-di-dunia_54f934b0a333112c048b4a1a
  9. Prasastya, A. K. (2011). Hubungan citra diri dengan intensi membeli pakaian bermerek pada remaja. Skripsi. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang
  10. Randhawa, P., Calantone, R. J., & Voorhees, C. M. (2015). The pursuit of counterfeited luxury: An examination of the negative side effects of close consumer-brand connections. Journal of Business Research, 68(11), 2395-2403. DOI: 10.1016/j.jbusres.2015.02.022
  11. Santoso, S. (2014). Menguasai statistik non parametrik. Jakarta: Kompas Gramedia
  12. Santrock.(2007). Remaja (edisi 11.). Jakarta: Erlangga
  13. Susanto, A. B., & Wijanarko, H. (2004). Power branding: Membangun brand yang legendaris. Jakarta: PT. Mizan Pustaka
  14. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen (edisi 7.). Jakarta: PT Indeks
  15. Tanujaya, R. (2012). Analisis perilaku belanja pada mahasiswa Undip di kawasan Tembalang Kota Semarang. Skripsi. Program Sarjana Universitas Diponegoro Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.