HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK FASHION BERMEREK TIRUAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO

Febrie Sani, Harlina Nurtjahjanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara citra diri dengan intensi membeli produk fashion bermerek tiruan pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Citra diri adalah penilaian seseorang terhadap segala hal yang berkaitan dengan dirinya meliputi penampilan (fisik), psikologi, sosial akan kondisinya saat ini atau pun kondisi yang dicita-citakan sebagai hasil pengalaman. Intensi membeli produk fashion tiruan bermerek adalah keinginan, niat seseorang untuk melakukan pembelian produk fashion (baju, tas, sepatu, aksesoris) bermerek tiruan (KW) tertentu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.Jumlah populasi penelitian 600 mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Sampel penelitian yang digunakan ialah 221 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Data dianalisis mengunakan uji statistik non parametrik yaitu uji korelasi Spearman rho. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi Spearman rho (rs) sebesar -0,055 dengan nilai p= 0,413 (p > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara citra diri dengan intensi membeli produk fashion bermerek tiruan pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.


Keywords


citra diri, intensi membeli, mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats