skip to main content

HARDINESS: MEMAKNAI PENGALAMAN MAHASISWA BIDIK MISI YANG MENGIKUTI ORGANISASI RESIMEN MAHASISWA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Aug 2016.

Citation Format:
Abstract

Hardiness adalah suatu karakteristik yang menjadikan individu memiliki ketabahan dan daya tahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologis. Data diungkapkan melalui wawancara mendalam terhadap subjek. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran hardiness pada mahasiswa bidik misi yang mengikuti organisasi Resimen Mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive, yaitu memilih subjek sesuai karakteristik yang telah ditentukan. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah tiga orang anggota Resimen Mahasiswa dan mendapatkan program beasiswa Bidik Misi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik eksplikasi data untuk dapat memberikan gambaran hardiness yang dimiliki subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memiliki ketiga karakteristik hardiness (kontrol, komitmen, dan tantangan) meskipun dalam deskripsi yang berbeda-beda. Dukungan sosial menjadi faktor penting yang mempengaruhi hardiness setiap subjek. Coping stress tiap subjek yang berbeda-beda dalam menyelesaikan permasalahannya, dan mengetahui pemaknaan terdalam pada diri subjek dalam memilih keputusan sebagai anggota Resimen Mahasiswa.

Fulltext View|Download
Keywords: hardiness; resimen mahasiswa, bidik misi

Article Metrics:

  1. Christyanti, D dkk. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. INSAN, 12(03), 154-157
  2. Maddi, S. R., & Khoshaba, D. M. (2005). Resilience at work. New York: Amacom
  3. Moleong , L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  4. Nevid, J.S., Rathus. S.A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal. Jakarta: Erlangga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.