skip to main content

HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS AT WORK DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN PT. PLN (PERSERO) APJ MAGELANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Organizational Citizenship Behavior (OCB)merupakan salah satu bentuk perilaku karyawan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam organisasi. OCB dapat dimunculkan pada karyawan dengan membuat karyawan merasakan happiness at work. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara happiness at work dengan OCB pada karyawan Generasi Y PT. PLN (persero). Penelitian ini melibatkan 66 karyawan Generasi Y melalui teknik simple ramdom sampling. Alat pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala OCB (N aitem = 48; α = 0,944) dan skala happiness at work (N aitem= 39 ; α = 0,924). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi positif antara happiness at work dengan OCB (rxy = 0,585 ; p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa semakin karyawan Generasi Y merasakan happiness at work maka semakin tinggi pula OCB pada karyawan Generasi Y. Happiness at work memberikan sumbangan efektif sebesar 34,1% terhadap OCB pada karyawan Generasi Y.
Fulltext View|Download
Keywords: happiness at work; OCB; generasi Y; organisasi; teknik korelasional

Article Metrics:

  1. Brown, S., dkk. (2009). Generation Y in the Workplace. Public Servant Journal,21(47). 41-63. Di unduh dari http://bush.tamu.edu/psaa/capstones/projects/2009/2009 GenerationYintheWorkplace.pdf
  2. Cran, C. (2014). 101 Tips mengelola generasi x, y & zoomer di tempat kerja.Jakarta: KPG
  3. Dhawan, E. (2012). Gen-y workforce and workplace are out of sync. Forbes.com. Diunduh dari http://www.forbes.com/sites/85broads/2012/01/23/gen-y-workforce-and-workplace-are-out-of-sync/#7ee4264b2579
  4. Erickson, T. 2008. Plugged in: The generation yguide to thriving at work. Boston: Harvard Business Press
  5. Jex, S., M.,& Britt, T., W. (2008). Organizational psychology: A scientist-practitioner approach. New Jersey: John Wiley and Sons Inc
  6. Kusuma, H. (2016, Juni 6). Soal 35.000 MW, Menteri ESDM minta PLN ubah perilaku. OkeZone.com. Diunduh dari http://economy.okezone.com/-read/2016/06/06/ 320/1407724/soal-35-000-mw-menteri-esdm-minta-pln-ubah-perilaku
  7. Luthans, F. (2006). Organizational behavior. New York: McGraw-Hill
  8. Organ, D. W., Podsakoff, P., M., & MacKenzie, S., B. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecendents, and consequences. Los Angeles: Sage Publications
  9. Payne, R., L.,& Cooper C., L. (2001). Emotions at work: theory, research and applications for management. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd
  10. Podsakoff, P., M., MacKenzie, S., B., Paine, J., B., & Bachrach, D., G.(2000). Organizational citizenship behaviors: A critical review of the theoretical and empirical literature and suggestions for future research. Journal of Management, 26(03). 513-563. Diunduh dari http://jom.sage-pub.com /content/26/3/513.full.pdf+html
  11. Prihatsanti, U., & Dewi, K., S. (2010). Hubungan antara iklim organisasi dan organizational citizenship behavior (OCB) pada guru SD Negeri di Kecamatan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Psikologi Undip,7(1), 113-119. DOI: 10.14710/-jpu.7.1.11-17
  12. Pryce-Jones, J. (2010). Happiness at work: Maximizing your psychological capital for success. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd
  13. Robbins, S., P., & Judge, T., A. (2008) Perilaku organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
  14. Salam, D. (2015, Maret 20). Cara memperlakukan Generasi Y di tempat kerja ala datascript. The-Marketeers.com. Diunduh dari http://marketeers.com/cara-memperlakukan-generasi-y-di-tempat-kerja-a-la-datascrip/
  15. Sari, I., N, (2015, Agustus 30) Lima tahun lagi PLN kelola listrik hingga 100.000 MW. Merdeka.com. Diunduh dari https://www.merdeka.com/uang/lima-tahun-lagi-pln-kelola-listrik-hingga-100000-mw.html
  16. Wesarat, P., Sharif, M., Y. & Majid, A., H., A.(2015). A conceptual framework of happiness at the workplace. Canadian Center of Science and Education,11(2), 191-202. Doi: 10.5539/ass.v11n2p78
  17. Wibisono, G. (2016, Juni 10). Jokowi keluhkan pasokan listrik tidak merata di Indonesia. OkeZone.com. Diunduh dari http://economy.okezone.com/read/2016/06/10/ 320/1411685/jokowi-keluhkan-pasokan-listrik-tidak-merata-di-indonesia
  18. Zhu, Y. (2015). Individual behavior: in-role and extra role. International Journal of Business Administration, 4(1), 23-27. Doi: 10.5430/ijba-.v4n1p23

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.