HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS AT WORK DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN PT. PLN (PERSERO) APJ MAGELANG

Galang Adi Prakoso, Anita Listiara

Abstract


Organizational Citizenship Behavior (OCB)merupakan salah satu bentuk perilaku karyawan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam organisasi. OCB dapat dimunculkan pada karyawan dengan membuat karyawan merasakan happiness at work. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara happiness at work dengan OCB pada karyawan Generasi Y PT. PLN (persero). Penelitian ini melibatkan 66 karyawan Generasi Y melalui teknik simple ramdom sampling. Alat pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala OCB (N aitem = 48; α = 0,944) dan skala happiness at work (N aitem= 39 ; α = 0,924). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi positif antara happiness at work dengan OCB (rxy = 0,585 ; p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa semakin karyawan Generasi Y merasakan happiness at work maka semakin tinggi pula OCB pada karyawan Generasi Y. Happiness at work memberikan sumbangan efektif sebesar 34,1% terhadap OCB pada karyawan Generasi Y.

Keywords


happiness at work; OCB; generasi Y; organisasi; teknik korelasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats