slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK BINA WISATA LEMBANG | Mubdi | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK BINA WISATA LEMBANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik pada siswa di SMK Bina Wisata Lembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel diambil berdasarkan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian berjumlah 170 orang siswa kelas XI SMK Bina Wisata Lembang yang terdiri dari 5 kelas dari berbagai jurusan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert dengan empat pilihan respon jawaban. Koefisien reliabilitas skala kecerdasan emosi adalah 0,933 dengan 37 aitem, sedangkan koefisien reliabilitas skala efikasi diri akademik adalah 0,951 dengan 34 aitem. Skor menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik subjek berada pada kategori yang tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan analisis regresi sederhana, didapatkan koefisien korelasi 0,496 dengan p=0,00 (p<0,01). Nilai koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan, antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,246, artinya kecerdasan emosi memberikan pengaruh sebesar 24,6% pada efikasi diri akademik. Sebesar 76,4% pengaruh terhadap efikasi diri akademik dapat disebabkan oleh faktor status sosial, sifat tugas, dan informasi kemampuan diri.
Fulltext View|Download
Keywords: efikasi diri akademik; kecerdasan emosi; siswa SMK; SMK pariwisata

Article Metrics:

  1. Abdolvahabi,dkk. (2012). Relationship between emotional intelligence and self-efficacy in practical courses among phsyical education teachers. European Journal of Experimental Biology, 2(5), 1778-1784
  2. Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press
  3. Creio. (2015). The emotional competence framework. The Consortium for Research on Emotional Intelligence in Organizations: EI Framework. Diunduh dari www.eiconsortium.org
  4. Feist, J., Feist, G. J. (2012) Teori kepribadian. Jakarta: Gramedia
  5. Goleman, Daniel. (2011). The brain and emotional intelligence: New sight. Massachusetts: More Than Sound
  6. Hashemi, S. A., Kimiaie, A. H, S. Moslem., Shirpoor, A., Delaviz, A. (2014). The relationship between emotional intelligence and self-efficacy and academic performance of students. World Essay Journal, 1(2), 65-70
  7. Mayer, J. D., Salovey, P., & Caruso, D. R. (2004). Emotional intelligence: Theory, findings, and implications. Psycholgical Inquiry, 15(3), 197-215
  8. Mayer, J. D., Cobb, C. D. (2000). Emotional Intelligence. Boston: Educational Leadership
  9. McPheat, Sean. (2010). Emotional Intelligence. Tottenham: MTD Training & Ventus Publishing Aps
  10. Muretta, Robert J. (2004). Exploring the four sources of self-efficacy. California: Touro University International Cypress
  11. Muttaqiyathun, Ani. (2010). Hubungan emotional quotient, intelektual quotient, dan spiritual quotient dengan entrepreneur’s performance. Yogyakarta: Universitas Muhammad Dahlan, Jurnal Manajemen dan Bisnis,2(3), 221-254
  12. Nggermanto, A. (2002). Quantum quotient – Kecerdasan kuantum. Bandung: Nuansa
  13. Pajares, Frank., & Miller, David M. (2004). Role of self efficacy and self-concept beliefs in matemathical problem solving: A path analysis. Journal of Educational Psychology, 86(2), 193-203
  14. Schunk, D., Meece, J. (2006). Self-efficacy development in adolescence. Journal of Self-efficacy Believes of Adolescence vol. 18, 71-96
  15. Team FME. (2014). Understanding Emotional Intelligence. FME. Diunduh dari www.free-management-ebooks.com
  16. Yazici, Hikmet., Seyis, Sevda., Altun, Fatma. (2011). Emotional intelligence and self-efficacy beliefs as predictors of academic achievement among high school student. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 2319-2323
  17. Zimmerman, B. (2000). Self efficacy: An essential motive to learn. Journal of Contemporary Educational Psychology,25, 82-91

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.