Pengalaman Menjalin Hubungan dengan Lawan Jenis pada Anak Korban Perceraian (Studi Kualitatif Fenomenologis Dewasa Awal yang Mengalami Perceraian Orangtua)

Yunita Laras Pradipta, Dinie Ratri Desiningrum

Abstract


Anak seringkali menjadi korban dalam ketidakharmonisan dan perpecahan di dalam keluarga. Hal itu dapat membawa dampak negatif bagi anak tersebut ketika menginjak usia dewasa. Tujuan utama penelitian ini adalah memahami
pengalaman individu yang mengalami peceraian orangtua ketika menjalin hubungan dengan lawan jenis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis serta analisis serta analisis DFI
(Descriptive Fenomenological Individual). Subjek berjumlah tiga orang yang diperoleh dengan teknik purposif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek dalam menjalani hubungan dengan lawan jenisnya tidak terlepas dari pengalaman perceraian orangtua mereka. Konflik yang cukup rumit juga terjadi dalam perjalanan hubungan mereka. Dua subjek dalam penelitian ini mengalami konflik dengan sifat pasangan mereka, sementara satu subjek memiliki kriteria idaman yang cenderung menyulitkannya dalam menemukan pasangan yang sesuai untuk dirinya. Keterlibatan orangtua juga turut memberikan arahan kepada ketiga subjek dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis.


Keywords


korban perceraian; hubungan dengan lawan jenis; divorce; intimate; young adult

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats