skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN PT.KAI COMMUTER JABODETABEK

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perceived organizational support (POS) dan kesiapan untuk berubah pada karyawan PT.KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ). POS didefinisikan sebagai keyakinan terhadap dukungan organisasi yang dirasakan karyawan berkaitan dengan kontribusi dan kepedulian organisasi terhadap kesejahteraannya, sementara itu kesiapan untuk berubah adalah hasil dari evaluasi yang dilakukan individu terhadap diri sendiri dan lingkungan secara afektif dan kognitif untuk mau turut serta melakukan perubahan dalam organisasi.Populasi penelitian ini adalah 146 dan sampel penelitian sebanyak 81 orang. Petugas loket dipilih sebagai subjek penelitian karena pada posisi tersebut akan merasakan langsung pengaruh dari perubahan organisasi yang terjadi di PT. KCJ, yaitu penggunaan mesin penjualan tiket otomatis. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 skala sebagai alat ukur, yaitu Skala POS (38 aitem valid dengan α=0,951) dan Skala Kesiapan untuk Berubah (32 aitem valid dengan α=0,923). Berdasarkan metode analisis regresi sederhana didapatkan hasil bahwa rxy=0,612 dengan p=0,000 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara POS dan kesiapan untuk berubah.POS memberikan sumbangan efektif sebesar 37,4% terhadap kesiapan untuk berubah.
Fulltext View|Download
Keywords: kesiapan untuk berubah; perceived organizational support;petugas loket; PT. KCJ

Article Metrics:

  1. Bernerth, J., (2004). Expanding our understanding of the change message.Human Resource Development Review, 3, 36-52. doi: 10.1177/1534484303261230
  2. Choi, M., & Rouna, W. E. A., (2010).Individual readiness for organizational change and its implications for human resource and organization development.Human Resource Development Review,20(10), 1-28. doi: 10.1177/1534484310384957
  3. Cummings, T. G., & Workey, C. G. (2009). Organizational development & change. 9th edition. Scarborough: Nelson Education Ltd
  4. Elayati, M., (2015). Pengaruh keadilan imbalan dan gaya kepemimpinan berorientasi tugas terhadap perceived organizational support pada sales PT.Columbindo perdana cabang Semarang. Skripsi.Program Sarjana Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Semarang
  5. Holt, D. T., Armenakis, A. A., Feild, H. S., & Harris S. G., (2007). Readiness for organizational change; The systematic development of a scale. The Journal of Applied Behavioral Science 43(2), 232-255. doi: 10.1177/0021886306295295
  6. Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & T.Matteson, M. (2007). Perilaku dan manajaemen organisasi, edisi ketujuh jilid 2. Jakarta: Erlangga
  7. Kurtessis, J. N., Eisenberger, R., Ford, M. T., Buffardi, L. C., Stewart, K. A., & Adis, C. S. (2015). Perceived organizational support: A Meta-analytic evaluation of organizational support theory. Journal of Management XX(.X), 1-31. doi: 10.1177/0149206315575554
  8. Kaswan (2015).Sikap kerja dari teori dan implementasi sampai bukti. Bandung: Alfabeta
  9. Rafferty, A. E., Jimmieson, N. L., & Armenakis, A. A., (2013). Change readiness: A multilevel review. Jorunal of Management,29(1), 110-135. doi: 10.1177/0419206312457417
  10. Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived organizational support: A review of the literature. Journal of Applied Pschology,87, 698-714. doi: 10.1037/0021-9010.87.4.698
  11. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi edisi 16. Jakarta: Salemba Humanika
  12. Rudi, A (2016). Vending machine KRL baru dipasang di empat stasiun.Diakses dari http://megapolitan.kompas.com/read/2016/01/11/10231161/.Vending.Machine.KRL.Baru.Dipasang.di.Empat.Stasiun
  13. Shukla, A., & Rai H., (2015).Linking perceived organizational support to organizational trust and commitment: Moderating role of psychological capital.Global Business Review,16(6), 981-996. doi: 10.1177/0972150915597599
  14. Susilowati, A., (2012). Intervensi pelatihan dan pendampingan feedback untuk meningkatkan persepsi karyawan terhadap dukungan atasan dan kesiapan untuk berubah pada karyawan di PT.A. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Depok

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.