PENYALAHGUNAAN SEKSUAL DENGAN KORBAN ANAK-ANAK (Studi Kualitatif Fenomenologi Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Seksual dengan Korban Anak-Anak)

Dwi Kurniawan, Farida Hidayati

Abstract


Penyalahgunaan seksual dengan korban anak-anak tidak terbatas hanya pada membayangkan hingga masturbasi saja, yang berbahaya apabila seseorang mulai mencari anak-anak untuk dijadikan objek pemuas fantasinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memahami episode kehidupan pelaku penyalahgunaan seksual terhadap anak, mengetahui pengalaman masa lalu dari pelaku, dan lingkungan pergaulannya sebelum berada di lapas sebagai faktor yang mempengaruhi terjadinya penyalahgunaan seksual terhadap anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kriteria pemilihan subjek adalah seorang laki-laki yang pernah melakukan penyalahgunaan seksual dengan korban anak-anak dan bersedia menjadi subjek penelitian. Subjek berjumlah tiga orang, yaitu M, U dan S yang sedang menjalani masa hukuman di Lapas Kedungpane. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kehidupan masa kecil hingga dewasa ketiga subjek berpengaruh terhadap perbuatan mereka pada korban-korbannya. Masa kanak-kanak hingga dewasa yang buruk dari subjek pertama dan ketiga memiliki pengaruh negatif pada mereka, sementara lingkungan memberi pengaruh besar pada subjek kedua. Pengalaman menjalani hukuman di lapas mendorong keinginan ketiga subjek untuk tidak mengulangi perbuatannya, menjadi lebih bertanggung jawab, dan kembali merintis harapan-harapan baru untuk diri mereka sendiri. Ketiga subjek telah menyetubuhi masing-masing korbannya yang masih berusia di bawah 18 tahun, namun ketiganya belum dapat dikatakan sebagai pedofilia karena tidak ada dorongan yang kuat dan berulang terhadap korbannya selama periode enam bulan atau lebih.

Keywords


korban; penyalahgunaan seksual dengan korban anak-anak; keluarga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats