slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
MOTIVASI BERAFILIASI DAN MINAT MENJADI PASKIBRAKA PADA SISWA SMKN | Andriani | Jurnal EMPATI skip to main content

MOTIVASI BERAFILIASI DAN MINAT MENJADI PASKIBRAKA PADA SISWA SMKN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berafiliasi dengan minat menjadi paskibraka. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara Motivasi Berafiliasi dengan Minat Menjadi Paskibraka, artinya semakin tinggi Motivasi Berafiliasi maka semakin tinggi Minat Menjadi Paskibraka, dan sebaliknya. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa dua skala, yaitu. Skala Motivasi Berafiliasi dan Minat Menjadi Paskibraka. Skala Minat Menjadi Paskibraka terdiri atas 28 aitem (α = 0,967). Skala Motivasi Berafiliasi terdiri atas 26 aitem (α = 0,943) Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa yang terdiri dari kelas 1-3 di SMKN 11 Semarang. Sampel penelitian adalah siswa kelas 1-3 di SMK N 11 Semarang, ditentukan dengan menggunakan teknik insidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy ) sebesar 0,806 dengan p =0,000 (p<0,01) Artinya hipoteis yang ada hubungan yang positif antara motivasi berafiliasi dengan minat menjadi paskibraka, dapat diterima. Nilai koefisien determinasi motivasi berafiliasi memberikan sumbangan efektif sebesar 64.9% hal menandakan bahwa menjadi paskibraka siswa dipengaruhi sebesar 64.9% oleh motivasi berafiliasi.

Fulltext View|Download
Keywords: motivasi berafiliasi; minat menjadi paskibraka; siswa SMK N

Article Metrics:

  1. Azwar, S. (2010). Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  2. Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah
  3. Crow, L., & Crow, A. (2005). Educational Psychology. Yogayakarta: Nur Cahaya
  4. Drajat, Z. (2002). Remaja, harapan dan tantangan. Jakarta: CV. Ruhama
  5. Rinjani, H. & Firmanto, A. (2013). Kebutuhan Afiliasi dengan Intensitas Mengakses Facebook pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1)
  6. Sobur. A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
  7. Santrock, J. W. (2007).Psikologi Perkembangan (Edisi 11.). Jakarta: Erlangga
  8. Sugiyono, (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
  9. Sumarwan, U. (2004). Perilaku konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia
  10. Winardi. (2005).Kepemimpinan dalam manajemen, Bandung: Alumni

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.