skip to main content

KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI IPS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Perilaku bullying di Indonesia tercatat sebesar 43,7% untuk tingkat SMA dengan kategori tertinggi berupa kekerasan psikologis (pengucilan). Peringkat kedua ditempati kekerasan verbal (mengejek) dan terakhir adalah kekerasan fisik (memukul). Perilaku bullying diantaranya disebabkan oleh konformitas teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling dan didapat sampel sebanyak 119 siswa. Metode penggalian data dengan menggunakan dua skala psikologi. Skala perilaku bullying dengan 21 aitem valid (α = 0,873) dan skala Konformitas Teman Sebaya dengan 20 aitem valid (α = 0,861). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy= 0,448 dengan p = 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying, semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi perilaku bullying siswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah perilaku bullying siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang sebesar 20,1% dan sisanya sebesar 79,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas teman sebaya; bullying; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan program anti bullying teacher empowerment. Skripsi. Jakarta. UI. Tidak Dipublikasikan
  2. Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (Edisi 10.). Jakarta: Erlangga
  3. Damantari, D. (2011). Perilaku bullying pada remaja di sekolah ditinjau dari jenis kelamin. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Desmita (2011). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  5. Ghozali, I. (2007). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
  6. Levianti (2008). Konformitas dan bullying pada siswa. Jurnal Psikologi 6(1)
  7. Myers, D. G. (2012), Psikologi sosial. Jakarta Salemba Humanika
  8. Olweus, D. (2002). Bullying at school. Australia Blackwell publishing
  9. Priantoro, A. & Retnaningsih (2002). Hubungan antara konformitas kelompok dengan perilaku agresif pada siswa-siswi kelas 1 reguler SMU Islam PB Sudirman Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
  10. Santoso, S. (2000) Buku latihan spss statistik parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  11. Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Yogyakarta: Ar-Rus Media

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.