skip to main content

PERSEPSI TERHADAP FULL DAY SCHOOL DAN REGULASI DIRI PADA SISWA SMP ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap full day school dengan regulasi diri pada siswa SMP Islam Hidayatullah Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Persepsi terhadap Full Day School (22 item; α = .864) dan Skala Regulasi Diri (35 item; α = .912). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Hidayatullah Semarang dengan jumlah sebanyak 133 siswa. Sampel penelitian adalah 87 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan dari hasil analisis regresi sederhana didapatkan bahwa rxy= .578 dan dan p = .000 (p< .001) artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap full day school terhadap regulasi diri, yang menunjukkan bahwa semakin positif persepsi terhadap full day school maka semakin tinggi regulasi diri yang dimiliki oleh siswa. Sumbangan efektif persepsi terhadap full day school dengan regulasi diri pada siswa adalah sebesar 33.4% dan 66.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: persepsi full day school; regulasi diri; siswa sekolah menengah pertama

Article Metrics:

  1. Adiningsih, D. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program kehalian akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/ article/view/876
  2. Alwisol. (2014). Psikologi kepribadian (edisi revisi.). Malang: UMM Pers
  3. Dewi, N. K. (2014). Kontribusi iklim sekolah terhadap regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pandeglang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Diunduh dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Jurnal-NurwitaKumala-Dewi-190110110071.pdf
  4. Eliza, F. (2010). Kontribusi siswa persepsi siswa SMP tentang SMK terhadap minat melanjutkan studi ke SMK di kota Padang. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 2(1):155-167. Diunduh dari http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/13-Vol2No1Sep2010-Fivia% 20Eliza.pdf
  5. Gunarsa, S. D. (2009). Dari anak sampai usia lanjut, bunga rampai psikologi perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia
  6. Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
  7. Indrawijaya, A. I. (2009). Perilaku organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  8. Papalia D. E., & Olds, S. W. (2004). Human development (9th edition.). New York: McGrawHill, Inc
  9. Rakhmat, J. (2002). Psikologi komunikasi. Jakarta: Rosda Karya
  10. Robbins, S. P. (2002). Perilaku organisasi (edisi 8.). Jakarta: Prentice Hall
  11. Santrock, N.W. (2012). A topical approach to life-span development (6th ed.). New York: Mc Graw Hill
  12. Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran perpektif pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
  13. Sismanto. (2010). Smart parenting, melejitkan karakter anak islam. Malang: Hikmah Pustaka

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.