skip to main content

PENGARUH FRIENDLY SMART MONOPOLY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh friendly smart monopoly terhadap kompetensi interpersonal pada anak sekolah dasar. 24 anak dari kelas v SD Negeri Gisikdrono 02 dan 04 Semarang menjadi subjek. Desain penelitian menggunakan non-randomized pre test-post test control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelompok eksperimen yang mendapatkan friendly smart monopoly dan kelompok kontrol tidak mendapatkan friendly smart monopoly. Manipulasi dilakukan selama delapan kali dengan kehadiran dua observer di setiap perlakuan. T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi interpersonal di kelompok eksperimen sebelum (M=60.00, SD=2.412), sesudah (M=65.33, SD=4.599) t(11)= -3.47, p<.05. Ada perbedaan kompetensi interpersonal pada kelompok eksperimen (M=65.33, SD=4.599) t(22)= -2.683 dan kontrol (M=60.58, SD= 4.055) p<.05 setelah perlakuan.

Fulltext View|Download
Keywords: friendly smart monopoly; kompetensi interpersonal; nonrandomized pretest-posttest control group design

Article Metrics:

  1. Davis, M. (1996). Empathy a social psychological approach. Boulder Co: Westview Press Inc
  2. Mc.Graha, V., & Fitzpatrick, J. (2005). Personal and social constributors to droupoutrisk for undergraduate students. College Students Journal, 39, 287-297
  3. Mishna, F. (2003). Learning disabilities and bullying: Double jeopardy. Journal of Learning Disabilities, 36, 336-347
  4. Nashori, F. (2008). Psikologi sosial islami. Bandung: PT Refrika Aditama
  5. Safari, F. Pengaruh permainan monopoli pakem terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal dengan teman sebaya anak tunagrahita ringan. Skripsi(tidak diterbitkan). Bandung: Pendidikan luar biasa UPI
  6. Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara books
  7. Smith, P. (2010). Children and play. Hongkong: Graphicraft Limited
  8. Santrock, J. W. (2003). Adolance: perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga
  9. Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (edisi 11.). Jakarta: Erlangga
  10. Santrock, J.W. (2012). Life-span development perkembagan masa hidup (edisi 13.). Jakarta: Erlangga
  11. Spitzberg, B. H., & Cupach, W. R. (1989). Handbook of interpersonal competence research. New York: Springer

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.