slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
IKLIM PSIKOLOGIS DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RSUD TUGUREJO SEMARANG | Sari | Jurnal EMPATI skip to main content

IKLIM PSIKOLOGIS DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP RSUD TUGUREJO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim psikologis dan kualitas pelayanan pada perawat instalasi rawat inap RSUD Tugurejo Semarang. Kualitas pelayanan merupakan perilaku perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan standar dan ukuran yang berlaku untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pasien sesuai dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan peralatan yang memenuhi standar. Iklim psikologis merupakan persepsi individu terhadap lingkungan organisasi meliputi lingkungan kerja, kepemimpinan, tim kerja dan peran serta karakteristik pekerjaan yang mampu mempengaruhi perilaku individu organisasi. Teknik Sampling menggunakan simple random sampling dengan subjek penelitian sebanyak 75 perawat. Pengumpulan data menggunakan Skala Iklim Psikologis yang terdiri dari 48 aitem (α= 0,962) dan Skala Kualitas Pelayanan yang terdiri dari 34 aitem (α= 0,932). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,617 dan p= 0,00. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu, terdapat hubungan positif antara iklim psikologis dan kualitas pelayanan dapat diterima. Semakin positif iklim psikologis yang dimiliki perawat, maka semakin baik pula kualitas pelayanan yang akan diberikan. Sumbangan efektif iklim psikologis terhadap kualitas pelayanan sebesar 38,1% sedangkan 61,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkapkan penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: iklim psikologis; kualitas pelayanan; perawat

Article Metrics:

  1. Brown, S. P., & Leigh, T. W. (1996). A new look at psychological climate and its relationship to job involvement, effort, and performance. Journal of Applied Psychology, 81(4): 358-368
  2. Burton, R. M., & Obel, B. (2004). Strategic organizational diagnosis an design: The dynamics of fit (3rd ed.). New York : Springer Science + Business Media
  3. Furnham, B. G. A. (1997). Biographical and climate predictors of job satisfication and prid in organization. Human performance, 10(2), 101
  4. Gillies, D. A. (1994). Nursing management, a system approach third edition. Philadelphia: W.B Saunders Company
  5. Gopal, R., & Bedi, S. S. (2014). Impact of hospital services on outpatient satisfication. Impact: International Journal of Research in Business Management. 2(4), 37-44
  6. Lindell, M. K., & Brandt, C. J. (2000). Asessing interrater agreement on the job relevance of a test: a comparison of the CVI, T, Rwg (J) indexes. Journal Of Applied Psychology, 84(4), 640-647
  7. Lukman, S. (1999). Manajemen kualitas pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press
  8. Magnusson, D. (1981). Toward a psychology of situations an interactional prespective. New Jersey: LEA
  9. Mulyani, S. (2008). Hubungan antara iklim psikologis dan usaha karyawan dengan performansi kerja di perusahaan tambang Jakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  10. Parker, C. P., & Baltes, B. B. (2003). Relationships between psychological climate perceptions and work outcomes: a meta-analytic review. Journal of Organizational Behavior, 24, 389- 416. Doi: 10.1002/job.198
  11. Suwarsono. (1999). Manajemen kualitas pelayanan. Jakarta: PT. Mandala Krida
  12. Thayer, S. E., (2008). Psychological climate and its relationship to employee engagement and organizational citizen behaviors. Dissertation. Capella University. Publication number 3304164
  13. Tjiptono, F. (2003). Prinsip-prinsip total quality service. Yogyakarta: Andi Ofset
  14. West, M. A., & Richter, A. W. (2008). Climates and cultures for innovation and creativity at work. In Jing, Z & Christina, E.S (Eds). Handbook of organizational creativity. New York: Lawrence Erlbaum Associates
  15. Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Parasuraman (2008). Service marketing: integrating costumer focus across the firm. New York: Mc Graw-Hill Co. Inc

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.