Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15073, author = {Erna Krisnaningrum and Harlina Nurtjahjanti}, title = {CITRA TUBUH DAN INTENSI MEMBELI PRODUK ALAS KAKI MEREK “X” PADA MAHASISWI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS DIPONEGORO}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {citra tubuh; intensi membeli; mahasiswi}, abstract = { Keyakinan mahasiswi mengenai citra tubuh memberikan pengaruh terhadap rasa puas atau ketidakpuasan ke diri individu. Citra tubuh merupakan persepsi dan sikap terhadap tubuh individu. Intensi membeli produk alas kaki merek “X” merupakan niat konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan membeli produk alas kaki merek “X” sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan intensi membeli produk alas kaki merek “X” di UNDIP. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2012 di UNDIP. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan sampel berjumlah 154 mahasiswi. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi model Likert, yaitu skala citra tubuh (25 aitem valid dengan rix sebesar 0,920) dan skala intensi membeli produk alas kaki (29 aitem valid dengan rix sebesar 0,903). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara citra tubuh dengan intensi membeli (rxy) sebesar 0,163 dengan p sebesar 0,043 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang dipaparkan peneliti ditolak. Pada penelitian ini citra tubuh memberikan sumbangan efektif sebesar 2,70% pada intensi membeli produk alas kaki merek “X”. }, issn = {2829-1859}, pages = {123--126} doi = {10.14710/empati.2016.15073}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15073} }
Refworks Citation Data :
Keyakinan mahasiswi mengenai citra tubuh memberikan pengaruh terhadap rasa puas atau ketidakpuasan ke diri individu. Citra tubuh merupakan persepsi dan sikap terhadap tubuh individu. Intensi membeli produk alas kaki merek “X” merupakan niat konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan membeli produk alas kaki merek “X” sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan intensi membeli produk alas kaki merek “X” di UNDIP. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2012 di UNDIP. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan sampel berjumlah 154 mahasiswi. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi model Likert, yaitu skala citra tubuh (25 aitem valid dengan rix sebesar 0,920) dan skala intensi membeli produk alas kaki (29 aitem valid dengan rix sebesar 0,903). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi antara citra tubuh dengan intensi membeli (rxy) sebesar 0,163 dengan p sebesar 0,043 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang dipaparkan peneliti ditolak. Pada penelitian ini citra tubuh memberikan sumbangan efektif sebesar 2,70% pada intensi membeli produk alas kaki merek “X”.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University