slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP HARGA DENGAN INTENSI MEMBELI PRIVATE LABEL INDOMARET PADA IBU-IBU DI KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL | Rifai | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP HARGA DENGAN INTENSI MEMBELI PRIVATE LABEL INDOMARET PADA IBU-IBU DI KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2015.

Citation Format:
Abstract
Penggunaan strategi pasar ritel dengan menawarkan private label banyak digunakan oleh ritel di Indonesia untuk menarik konsumen. Intensi membeli private label Indomaret merupakan niat konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan membeli private label Indomaret sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan. Persepsi terhadap harga merupakan penilaian konsumen akan harga yang ditetapkan oleh produsen atau ritel sebagai harga yang rendah, tinggi atau wajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen mengenai harga private label Indomaret terhadap intensi membeli private label Indomaret di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Subyek penelitian adalah konsumen di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 220 konsumen di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 skala psikologi model Likert, yaitu skala intensi membeli private label Indomaret (39 aitem valid,  = 0,955) dan skala persepsi terhadap harga private label Indomaret (20 aitem valid,  = 0,893). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai koefisien korelasi persepsi konsumen mengenai harga private label Indomaret terhadap intensi membeli private label Indomaret sebesar 0,872 dengan p = 0,000 (p<0,05). Nilai korelasi tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi terhadap harga dengan intensi membeli private label Indomaret. Hipotesis penelitian ini dapat diterima. Koefisien Determinasi sebesar 0,760 memberi pengertian bahwa persepsi terhadap harga memberikan sumbangan efektif sebesar 76% terhadap intensi membeli private label Indomaret dan 24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: Intensi Membeli, Persepsi terhadap Harga, Private Label Indomaret.

Article Metrics:

  1. Ajzen, Icek. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. (ed.2.). England: Open University Press
  2. Diallo, Mbaye.F. (2012). Effects of Store Image and Strore Brand Price-Image on Store Brand Purchase Intention: Apllication to an Emerging Market. Journal of Retailing Consumer Sarvices, 19, 360-367
  3. Freedheim, D.K., dan Weiner, I.B. (2003). Handbook of Psychology: Volume 1. Hoboken: Willey, J & Inc, S
  4. Hartanto, A & Oktavian, J.H. (2012). Pengaruh Display, Kepercayaan Merek, Keakraban Merek, Persepsi Harga terhadap Intensi Pembelian dan Pembelian Tak Terencana. 261-282
  5. Kassarjian, H.H., dan Robertson, T.S. (1991). Perspectives in Consumer Behavior. (ed.4). London: Prentice-Hall International
  6. Kotler, Philip & Armstrong, Garry. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran I Terjemahan: Dimas Sihombing. Jakarta: Erlangga
  7. Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Terjemahan: Benjamin Molan. (ed.10.). Jakarta: PT. Prenhallindo
  8. Moon, J., Chadee, D., and Tikoo, S. (2008). Culture, Product Type, and Price Influences on Consumer Purchase Intention to Buy Personalized Product Online. Journal of Business Research. 61. 31-39
  9. Paul, C.S.W., Yeh, G.Y.Y., and Hsiao, C.R. (2011). The Effect of Store Image and Service Quality on Brand Image and Purchase Intention for Private Label Brands. Australasian Marketing Journal. 19. 30-39
  10. Robbins, S.P & Judge, T.A. (Ed). (2008). Perilaku Organisasi. (ed.12.). Jakarta: Salemba Empat
  11. Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2008) Perilaku Konsumen Terjemahan: Z. Kasip.(ed.7.). Jakarta: PT. Indeks
  12. Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS
  13. Suyanto, M. (2007). Marketing Strategi Top Brand Indonesia. (ed. 1). Yogyakarta: C.V Andi
  14. Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. (ed.2). Jakarta: Salemba
  15. Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.