HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP HARGA DENGAN INTENSI MEMBELI PRIVATE LABEL INDOMARET PADA IBU-IBU DI KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Published: 30 Apr 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Statistics: 69 136
Abstract
Penggunaan strategi pasar ritel dengan menawarkan private label banyak digunakan oleh ritel di Indonesia untuk menarik konsumen. Intensi membeli private label Indomaret merupakan niat konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan membeli private label Indomaret sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan. Persepsi terhadap harga merupakan penilaian konsumen akan harga yang ditetapkan oleh produsen atau ritel sebagai harga yang rendah, tinggi atau wajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen mengenai harga private label Indomaret terhadap intensi membeli private label Indomaret di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Subyek penelitian adalah konsumen di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 220 konsumen di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 skala psikologi model Likert, yaitu skala intensi membeli private label Indomaret (39 aitem valid,  = 0,955) dan skala persepsi terhadap harga private label Indomaret (20 aitem valid,  = 0,893). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai koefisien korelasi persepsi konsumen mengenai harga private label Indomaret terhadap intensi membeli private label Indomaret sebesar 0,872 dengan p = 0,000 (p<0,05). Nilai korelasi tersebut menunjukkan arah hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi terhadap harga dengan intensi membeli private label Indomaret. Hipotesis penelitian ini dapat diterima. Koefisien Determinasi sebesar 0,760 memberi pengertian bahwa persepsi terhadap harga memberikan sumbangan efektif sebesar 76% terhadap intensi membeli private label Indomaret dan 24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Keywords: Intensi Membeli, Persepsi terhadap Harga, Private Label Indomaret.

Article Metrics: