skip to main content

DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA BERPRESTASI: Studi Kualitatif Deskriptif

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perjalanan hidup menjadi seorang mahasiswa berprestasi. Perjalanan  hidup menjadi mahasiswa berprestasi berisi pengalaman dan peristiwa yang dialami sebelum menjadi mahasiswa berprestrasi yaitu dari masa kecil hingga pada saat meraih gelar mahasiswa berprestasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Tujuan dari pendekatan deskriptif adalah membuat gambaran atau deskripsi  tentang suatu variabel, gejala, atau keadaan. Data dikumpulkan melalui wawancara terhadap subjek dan dianalisis dengan metode eksplikasi data. Subjek berjumlah tiga orang yang diperoleh dengan dengan cara purposif, yaitu mahasiswa berprestasi program sarjana tingkat perguruan tinggi tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses menjadi mahasiswa berprestasi yang dialami ketiga subjek dimulai dari episode sebelum menjadi mahasiswa, menuju episode menjadi mahasiswa dan episode menjadi mahasiswa berprestasi. Episode sebelum mahasiswa dimulai dari pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua yang membentuk karakter prestatif masing-masing subjek melalui pengasuhan yang mendorong untuk mandiri dan berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik sampai dengan menjalani pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang semakin memperkaya pengalaman subjek untuk berprestasi. Memasuki perguruan tinggi merupakan episode menjadi mahasiswa, yang menggambarkan usaha-usaha mewujudkan prestasi, baik melalui kegiatan akademik maupun non-akademik hingga subjek dapat terpilih menjadi mahasiswa berprestasi. Episode menjadi mahasiswa menjelaskan bagaimana subjek memaknai gelar yang diraih sebagai mahasiswa dan memaknai prestasi yang telah di raih. Subjek pertama menilai bahwa menjadi mahasiswa berprestasi dapat membuktikan diri sekaligus dapat menjadi inspirasi bagi adik tingkat. Subjek kedua memaknai gelar mahasiswa berprestasi terdapat sebuah tanggungjawab di baliknya. Begitu pula subjek ketiga, memaknai bahwa menjadi mahasiswa berprestasi merupakan salah satu cara membahagiakan orang tua dan cara yang dapat membimbing adik tingkat agar dapat berprestasi lebih di bidangnya. 

 

Fulltext View|Download
Keywords: mahasiswa berprestasi; prestasi; deskriptif

Article Metrics:

  1. Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  2. Subandi. (2009). Psikologi dzikir: Studi fenomenologi pengalaman transformasi religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Direktorat Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2015). Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.