skip to main content

GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah pada karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan untuk berubah merupakan kesiapan secara mental, psikologis dan fisik untuk menghadapi perubahan serta adanya kepercayaan, sikap dan intensi untuk berpartisipasi dalam proses perubahan organisasi. Gaya kepemimpinan melayani adalah penilaian bawahan terhadap pemimpin yang melayani bawahan melalui kemampuan untuk mempengaruhi, pemberian motivasi, perhatian dan mendengarkan masalah yang dialami oleh bawahan, mendorong perubahan besar pada bawahan, serta meletakkan kepentingan bawahan diatas kepentingan pemimpin. Subjek penelitian sejumlah 24 orang karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Teknik sampling yang digunakan adalah Convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala kesiapan untuk berubah (27 aitem, α = .92) dan Skala gaya kepemimpinan melayani (37 aitem, α = .96). Metode analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah (r = .53; p < .008), yang berarti bahwa semakin positif gaya kepemimpinan melayani maka akan semakin tinggi kesiapan untuk berubah. Gaya kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 51% terhadap kesiapan untuk berubah.

Fulltext View|Download
Keywords: kesiapan untuk berubah; gaya kepemimpinan melayani; karyawan BPJS Ketenagakerjaan

Article Metrics:

  1. Armenakis, A. A., & Harris, S. G. (2007). Crafting A change message to create transformational readiness. Journal of Organizational Change Management, 15(2), 163-183
  2. Armenakis, A. A., Harris, S. G., & Mossholder, K. W. (1993). Creating readiness for organizational change. Human Relations, 56(6), 681- 703
  3. Barbuto, J. E., & Wheeler, D. W. (2002). Becoming a servant leader: Do you have what it takes? A. Lincoln: University of Nebraska, Nebraska Cooperative Extension
  4. Brummelhuis, L. T. (2012). The Relationship between servant leadership, quality of communication, change readiness, and successful change: Study at Ducth municipalities implementing customer contact centres. Master Thesis, Limited Publication. University of Groningen, Faculty of Management and Organization
  5. Cilliana & Mansoer, W. (2008). Pengaruh Kepuasan Kerja, Keterlibatan, Kerja, Stres Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan PT Bank Y. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. JPS, 14(02)
  6. Coultas, W. C. (2012). Servant leadership and Restructuring. University of Florida
  7. Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2005). Organization development and change (8th ed.). Mason, OH: South-Western College Publishing
  8. Ding, D., Lu, H., Song, Y., & Lu, Q. (2012). Relationship of Servant Leadership and Employee Loyalty: The Mediating Role of Employee Satisfaction. (Electronic Version) China: iBusiness, 2012(4), 208-215 doi: 10.4236/ib.2012.43026
  9. Drury, S. L. (2004). Servant leadership and organizational commitment: Empirical findings and workplace implications. Servant Leadership Research Roundtable, 1-14
  10. Neuschel, R. (2008). The Servant Leader: Pemimpin Yang Melayani. Jakarta: Akademia
  11. Nordin, N. (2011). The Influence of Leadership Behavior and Organizational Commitment on Organizational Readiness for Change in Higher Learning Institution. Procedia- Social and Behavioral Science, 29, 129-138
  12. Northouse, P. G. (2013). Kepemimpinan, teori dan praktik (Edisi 6.). Jakarta: Indeks
  13. Periantalo, J., & Mansoer, W. D. (2008). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan untuk berubah pegawai di Dirjen PQR. JPS, 14(03)
  14. Spears, L. C. (2002). Introduction: Tracing the past, present and future of servantleadership. In L. C. Spears (Ed.), Focus on leadership (pp. 1-18)
  15. Turner, W. B. (2000). The Learning of Love: A Journey toward Servant Leadership. Smyth and Helwys Publishing, Macon, GA

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.