Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI15066, author = {Nurul Mahessa and Frieda NRH}, title = {GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI DAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {kesiapan untuk berubah; gaya kepemimpinan melayani; karyawan BPJS Ketenagakerjaan}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah pada karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan untuk berubah merupakan kesiapan secara mental, psikologis dan fisik untuk menghadapi perubahan serta adanya kepercayaan, sikap dan intensi untuk berpartisipasi dalam proses perubahan organisasi. Gaya kepemimpinan melayani adalah penilaian bawahan terhadap pemimpin yang melayani bawahan melalui kemampuan untuk mempengaruhi, pemberian motivasi, perhatian dan mendengarkan masalah yang dialami oleh bawahan, mendorong perubahan besar pada bawahan, serta meletakkan kepentingan bawahan diatas kepentingan pemimpin. Subjek penelitian sejumlah 24 orang karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Teknik sampling yang digunakan adalah Convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala kesiapan untuk berubah (27 aitem, α = .92) dan Skala gaya kepemimpinan melayani (37 aitem, α = .96). Metode analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah (r = .53; p < .008), yang berarti bahwa semakin positif gaya kepemimpinan melayani maka akan semakin tinggi kesiapan untuk berubah. Gaya kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 51% terhadap kesiapan untuk berubah. }, issn = {2829-1859}, pages = {113--116} doi = {10.14710/empati.2016.15066}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15066} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah pada karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan untuk berubah merupakan kesiapan secara mental, psikologis dan fisik untuk menghadapi perubahan serta adanya kepercayaan, sikap dan intensi untuk berpartisipasi dalam proses perubahan organisasi. Gaya kepemimpinan melayani adalah penilaian bawahan terhadap pemimpin yang melayani bawahan melalui kemampuan untuk mempengaruhi, pemberian motivasi, perhatian dan mendengarkan masalah yang dialami oleh bawahan, mendorong perubahan besar pada bawahan, serta meletakkan kepentingan bawahan diatas kepentingan pemimpin. Subjek penelitian sejumlah 24 orang karyawan BPJS Ketenagakerjaan. Teknik sampling yang digunakan adalah Convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala kesiapan untuk berubah (27 aitem, α = .92) dan Skala gaya kepemimpinan melayani (37 aitem, α = .96). Metode analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan melayani dengan kesiapan untuk berubah (r = .53; p < .008), yang berarti bahwa semakin positif gaya kepemimpinan melayani maka akan semakin tinggi kesiapan untuk berubah. Gaya kepemimpinan melayani memberikan sumbangan efektif sebesar 51% terhadap kesiapan untuk berubah.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University