skip to main content

SELF-REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 27 Jan 2016.

Citation Format:
Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu hal yang patut diwaspadai oleh seluruh siswa, salah satunya yaitu oleh siswa kelas XI, karena dapat berdampak pada penurunan prestasi akademiknya. Untuk mengurangi dampak tersebut, perlu adanya kontrol diri dalam belajar yang dapat menunjang dalam pencapaian tujuan belajarnya dengan cara mengatur dan mengendalikan sistem belajar yang dikenal dengan self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan negatif dan signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Purwokerto. Populasi penelitian adalah 299 siswa kelas XI dan sampel penelitian berjumlah 162 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik (30 aitem, α = .89) dan skala self-regulated learning (35 aitem, α = .90). Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik (rxy = -.82 dengan p < 0.01), yang berarti bahwa semakin tinggi self-regulated learning maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Self-regulated learning memberikan sumbangan efektif sebesar 67% terhadap prokrastinasi akademik. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengadakan penelitian dengan topik yang sama disarankan agar lebih memperhatikan subjek penelitian dengan cara melakukan penelitian terhadap populasi yang lebih luas.

Fulltext View|Download
Keywords: prokrastinasi akademik; self-regulated learning; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Ferrari, J. R, Johnson, J.L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press
  2. Firlianne, R. (2012). Hubungan antara self regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa ueu jakarta-barat. Jurnal Online Universitas Esa Unggul. Diunduh dari http://digilib.esaunggul.ac.id/hubungan-antara-self-regulated-learning-dan-prokrastinasiakademik-pada-mahasiswa-ueu-jakartabarat-773.html
  3. Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2010). Teori-teori psikologi. Depok: Ar-ruzz Media
  4. Klassen, R. M., Krawchuk, L. L., & Rajani, S. (2008). Academic procrastination of undergraduates: Low self-efficacy to self-regulate predicts higher levels of procrastination. Contemporary Educational Psychology, 33, 915-931. doi: 10.1016/j.cedpsych.2007.07.001
  5. Kurniawan, R. (2013). Hubungan antara self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan psikologi univeritas negeri semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes
  6. Rabin, L. A., Fogel, J., & Nutter-Upham, K. (2011). Academic procrastination in college students: The role of self-reported executive function. Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, 33, 344-357. doi: 10.1080/13803395.2010.518597
  7. Rabin, L. A., Fogel, J., & Nutter-Upham, K. (2011). Academic procrastination in college students: The role of self-reported executive function. Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology, 33, 344-357. doi: 10.1080/13803395.2010.518597
  8. Solomon, L. J., dan Rothblum, E. J. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31, 503-509. doi: 10.1037/0022-0167.31.4.503
  9. Zimmerman, B. J. (1990). Self regulated learning and academic achievement: An overview. Journal of Educational Psychologist, 25, 3-17. Diunduh dari http://itari.in/categories/ability_to_learn/self_regulated_learnin_g_and_academic_achieve ment_m.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.