skip to main content

DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA S1 TINGKAT AKHIR

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kecemasan dalam  menghadapi dunia kerja pada mahasiswa S1 tingkat akhir Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 tingkat akhir Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Sampel penelitian adalah mahasiswa S1 tingkat akhir Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sebanyak 286 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik cluster proportional sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya (26 aitem valid, α= 0,904) dan Skala Kecemasan dalam Menghadapi Dunia Kerja (26 aitem valid, α= 0,886). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,537 dengan p <0,001) yang berarti terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin rendah tingkat kecemasan dalam menghadapi dunia kerja. Dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 28,9% terhadap kecemasan dalam menghadapi dunia kerja.
Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial teman sebaya; kecemasan menghadapi dunia kerja; mahasiswa S1

Article Metrics:

  1. Arnett, J. J. (2013). Adolescence and emerging adulthood: A cultural approach. NJ: Pearson
  2. Badan Pusat Statistik. (2014). Keadaan ketenagakerjaan agustus 2014. Buletin No. 85/11/Th. XVII. Jakarta: Badan Pusat Statistika
  3. Beiter, R., Nash R., McCrady, M., Rhoades, D., Linscomb, M., Clarahan, M. & Sammut, S. (2014). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college student. Journal of Affective Disorders, 173, 90-96
  4. Dennis, J. M., Phinney, J. S. & Chuateco, L. I. (2005). The role of motivation, parental support, and peer support in the academic success of ethnic minority firstgeneration college students. Journal of College Student Development, 46 (3), 223- 236
  5. Durand, V. M. & Barlow, D. H. (2006). Intisari psikologi abnormal edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Fadlilah, N. (2010). Hubungan antara self efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester VII Prodi Psikologi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi, tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel
  7. Kearney, C. A. & Trull, T. J. (2012). Abnormal psychology and life: A dimensional approch. Belmont: Wadsworth
  8. Koohsara, A. K. H. & Bonab, B. G. (2011). Relation among quality of attachment, anxiety and depression in college students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 212 – 215
  9. Nevid, J. S., Rathus S. A. & Grenee B. (2005). Psikologi abnormal edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga
  10. Ogden, J. (2007). Health psychology: A textbook 4th ed. NY: McGraw-Hill
  11. Papalia, D. E., Olds, S. W. & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  12. Pfeiffer, P. N., Heisler, M., Piette, J. D., Rogers, M. A. M. & Valenstein, M. (2010). Efficacy of peer support interventions for depression: A meta-analysis. General Hospital Psychiatry, 33, 29–36
  13. Puspoky, R. C., Forchuk, C. & Griffin, W. C. (2006). Peer support relationships: an unexplored interpersonal process in mental health. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing, 13(5), 490–497
  14. Santrock, J. W. (2011). Life-span development 13th ed. NY: McGraw-Hill
  15. Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interaction 7th ed. NY: Wiley
  16. Sari, D. Y. & Astuti, T. P. (2014). Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri pada mahasiswa tingkat akhir. Empati, 3(4), 131-142
  17. Tahmasbipoura, N. & Taheri A. (2012). A survey on the relation between social support and mental health in students Shahid Rajaee University. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 47, 5-9
  18. Taylor, S. E. (2009). Health psychology 7th ed. NY: McGraw-Hill
  19. Wanberg, C. R., Zhu, J. & Van Hooft, E. A. J. (2010). The job-search grind: perceived progress, self-reactions, and self-regulation of search effort. Academy of Management Journal, 53, 788–807
  20. Wentzel, K. R., Battle, A., Russell, S. L. & Looney, L. B. (2010). Social supports from teachers and peers as predictors of academic and social motivation. Contemporary Educational Psychology, 35, 193–202

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.