skip to main content

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 7 SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 18 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas komunikasi interpersonal remaja orang tua dengan kematangan karir siswa kelas XII SMA Negeri 7 Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua dengan kematangan karir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 541 siswa kelas  XII SMK Negeri 7 Semarang, sampel penelitian berjumlah  221 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala kematangan karir (36 aitem valid, α =0,90 ) dan skala efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua (34 aitem valid, α = 0,87). Yang telah diuji cobakan pada 80 siswa.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy=0,403 dan p=0,000 (p<0,05) hal ini menunjukan ada hubungan positif antara efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua dengan kematangan. Semakin tinggi efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua semakin tinggi kematangan karir, dan sebaliknya. Efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar16,3% dalam mempengaruhi kematangan karisedangkan sisanya 83,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Fulltext View|Download
Keywords: efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orang tua; kematangan karir; siswa kelas XII SMK N 7 Semarang

Article Metrics:

  1. Andayani, T. R. (2009). Efektifitas komunikasi interpersonal. Semarang: Badan Penerbit Undip
  2. Azwar, S. (2011). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Devito, A. J. (2011). Komunikasi antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group
  4. Fuhrmann, B. S. (1990). Adolescence, adolescent. London: Foresman and Company
  5. Greenhaus, J. H. & Callanan, G. A. (2006). Encyclopedia of career development. USA: SAGE Publications, Inc
  6. Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Edisi kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga
  7. Kompas. (2007). Membangun komunikasi bijak orangtua dan anak. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara
  8. Purwanta, E. (2012). Dukungan orangtua dalam karier terhadap perilaku eksplorasi karier siswa sltp. Teknodika, 10, 127-140
  9. Rakhmat, J. (2008). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  10. Suciati. (2015). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Buku Literal
  11. Suherman, U. (2008). Konseling karir sepanjang rentang kehidupan. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
  12. Sunardi. (2008). Hakekat karir. Diakses dari http://www.academia.edu/10158888/Hakikat_Karir0
  13. Winkel, W. S. & Hastuti, S. M. M. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan, Edisi Revisi). Yogyakarta: Media Abadi
  14. Yusuf, S. (2014). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.