1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient3019, author = {Fandi Nugroho and Imam Santoso and Ajub Zahra}, title = {ANALISIS KUALITAS LAYANAN PANGGILAN PADA TELEKOMUNIKASI BERGERAK 3G}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {2}, number = {2}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Teknologi WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) merupakan teknologi akses yang dikembangkan sebagai standar teknologi telepon bergerak generasi ketiga (3G). Penggunaan chip rate sebesar 3,84 Mbps memungkinkan pelanggan pengguna teknologi WCDMA memperoleh kecepatan pengiriman data yang tinggi untuk masing-masing pengguna. Dengan teknologi tersebut diharapkan akan diperoleh kualitas yang baik pula untuk layanan suaranya (voice) . Pengukuran kualitas panggilan untuk layanan sistem WCDMA dapat dilakukan dengan melihat beberapa parameter kualitas layanan panggilan jaringan. Tugas akhir ini melakukan analisis beberapa parameter kualitas layanan panggilan pada jaringan 3G yaitu CSSR (Call Setup Ratio) , CDR (Call Drop Ratio) , HSR (Handover Success Ratio), CCR (Call Congestion Ratio) , SCR (Successful Call Ratio) . Parameter yang dianalisis berdasarkan data jumlah call attempt, call setup, jumlah block call dan drop call, serta jumlah handover yang terjadi di 6 BTS di kota Semarang. Hasil perhitungan parameter kualitas layanan panggilan dalam tugas akhir ini adalah berupa presentase kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil analisis pada data real kualitas layanan panggilan didapatkan hasil nilai CSSR rata-rata pada 6 BTS tersebut adalah 94%. Nilai CDR setelah dianalisis didapatkan nilai rata-rata yaitu 3% untuk semua BTS.Untuk nilai SCR didapatkan rata-rata sebesar 90% dan CCR sebesar 2,5%. Sedangkan rata-rata nilai HSR untuk masing-masing BTS adalah 90%. Kata kunci : WCDMA, 3G, CCSR, CDR, HSR Abstract WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) is an access technology that was developed as a standard third generation of mobile phone technology (3G). The use of chip rate of 3.84 Mbps WCDMA technology enables users to obtain customer data transmission speeds for each user. With these technologies are expected to obtain good quality also for voice services (voice). Call for service quality measurement WCDMA system can be done by looking at some network call service quality parameters. This thesis to analyze several parameters of quality of service calls on the 3G network CSSR (Call Setup Ratio), CDR (Call Drop Ratio), HSR (Handover Success Ratio), CCR (Call Congestion Ratio), SCR (Successful Call Ratio). Parameters are analyzed based on the amount of data call attempt, call setup, call block number and drop call, as well as the number of handovers that occur at 6 sites in the city of Semarang. Results of calculation of service quality parameters of the call in this thesis is a percentage then displayed in graphical form. Based on the analysis of real data quality call services showed an average value of CSSR at 6 BTS is 94%. CDR values obtained after analysis the average value of 3% for all BTS.Untuk SCR values obtained on average by 90% and by 2.5% CCR. While the average value of HSR for each BTS is 90%. Keyword : WCDMA, 3G, CSSR, CDR, HSR }, issn = {2685-0206}, pages = {316--321} doi = {10.14710/transient.v2i2.316-321}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/3019} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Teknologi WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) merupakan teknologi akses yang dikembangkan sebagai standar teknologi telepon bergerak generasi ketiga (3G). Penggunaan chip rate sebesar 3,84 Mbps memungkinkan pelanggan pengguna teknologi WCDMA memperoleh kecepatan pengiriman data yang tinggi untuk masing-masing pengguna. Dengan teknologi tersebut diharapkan akan diperoleh kualitas yang baik pula untuk layanan suaranya (voice). Pengukuran kualitas panggilan untuk layanan sistem WCDMA dapat dilakukan dengan melihat beberapa parameter kualitas layanan panggilan jaringan. Tugas akhir ini melakukan analisis beberapa parameter kualitas layanan panggilan pada jaringan 3G yaitu CSSR (Call Setup Ratio), CDR (Call Drop Ratio), HSR (Handover Success Ratio), CCR (Call Congestion Ratio), SCR (Successful Call Ratio). Parameter yang dianalisis berdasarkan data jumlah call attempt, call setup, jumlah block call dan drop call, serta jumlah handover yang terjadi di 6 BTS di kota Semarang. Hasil perhitungan parameter kualitas layanan panggilan dalam tugas akhir ini adalah berupa presentase kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil analisis pada data real kualitas layanan panggilan didapatkan hasil nilai CSSR rata-rata pada 6 BTS tersebut adalah 94%. Nilai CDR setelah dianalisis didapatkan nilai rata-rata yaitu 3% untuk semua BTS.Untuk nilai SCR didapatkan rata-rata sebesar 90% dan CCR sebesar 2,5%. Sedangkan rata-rata nilai HSR untuk masing-masing BTS adalah 90%.
Kata kunci : WCDMA, 3G, CCSR, CDR, HSR
Abstract
WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) is an access technology that was developed as a standard third generation of mobile phone technology (3G). The use of chip rate of 3.84 Mbps WCDMA technology enables users to obtain customer data transmission speeds for each user. With these technologies are expected to obtain good quality also for voice services (voice). Call for service quality measurement WCDMA system can be done by looking at some network call service quality parameters. This thesis to analyze several parameters of quality of service calls on the 3G network CSSR (Call Setup Ratio), CDR (Call Drop Ratio), HSR (Handover Success Ratio), CCR (Call Congestion Ratio), SCR (Successful Call Ratio). Parameters are analyzed based on the amount of data call attempt, call setup, call block number and drop call, as well as the number of handovers that occur at 6 sites in the city of Semarang. Results of calculation of service quality parameters of the call in this thesis is a percentage then displayed in graphical form. Based on the analysis of real data quality call services showed an average value of CSSR at 6 BTS is 94%. CDR values obtained after analysis the average value of 3% for all BTS.Untuk SCR values obtained on average by 90% and by 2.5% CCR. While the average value of HSR for each BTS is 90%.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id