BibTex Citation Data :
@article{nova_idea52593, author = {Natha Argacia Maulani and R. Slamet Santoso}, title = {HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN PENANGANAN ADUAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG}, journal = {NOVA IDEA}, volume = {2}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Kepuasan masyarakat terhadap layanan publik merupakan cerminan langsung dari kinerja aparatur pemerintah dalam menjalankan. Fungsi pelayanan yang efektif, transparan, dan akuntabel. Dalam konteks administrasi kependudukan, kualitas pelayanan serta efektivitas penanganan aduan menjadi dua aspek krusial yang menentukan persepsi dan respon masyarakat terhadap institusi pelayanan. Penelitian ini mengkaji hubungan antara kualitas pelayanan dan penanganan aduan terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik survei kepada pengguna layanan sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas pelayanan maupun penanganan aduan memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan aspek pelayanan publik, baik dari sisi kompetensi aparatur maupun mekanisme aduan yang cepat, responsif dan terintegrasi. Dengan demikian, peningkatan mutu pelayanan tidak hanya berdampak pada kepuasan, tetapi juga pada tumbuhnya kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah}, issn = {3063-4539}, pages = {40--49} doi = {10.14710/nova_idea.52593}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/nova_idea/article/view/52593} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update: