skip to main content

KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ORGANISASI MASYARAKAT DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK (BAKESBANGPOL) KOTA SEMARANG

*Rifki Surya Permana Salim  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Sri Suwitri  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Kismartini Kismartini  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang

Citation Format:
Abstract
Pendaftaran organisasi masyarakat merupakan sebuah tugas yang dibebankan kepada Bakesbangpol untuk memenuhi harapan masyarakat terkait kualitas pelayanan yang disediakan Bakesbangpol dalam mewujudkan ormas yang dapat membangun negeri dengan lebih mandiri dan terkoordinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pendaftaran organisasi yang ada pada Bakesbangpol Kota Semarang dalam upaya pemenuhan harapan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Kualitas Pelayanan dan faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pendaftaran organisasi masyarakat Bakesbangpol sudah cukup optimal pada dimensi realibility, responsiveness, assurance, dan empathy. Kondisi ini dilatarbelakangi dengan beberapa faktor yang mendukung yaitu terkait faktor kesadaran, faktor sistem aturan/prosedur, faktor organisasi, dan faktor kemampuan dan keterampilan. sedangkan faktor yang menghambat terkait dengan faktor pendapatan dan faktor sarana pelayanan. Peneliti memberikan rekomendasi untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dianalisis yakni dengan memperbaiki dimensi tangible dan dimensi responsiveness yang masih belum maksimal.
Fulltext View|Download
Funding: Kualitas Pelayanan, Faktor Pendukung dan Penghambat Pelayanan Publik, Bakesbangpol

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.