Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program PIK Remaja pada Kampung Keluarga Berkualitas yang masih tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PIK Remaja pada Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi program menurut (D. L. Stufflebeam, 2013), yang mempunyai empat indikator yaitu konteks, input, proses, dan produk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan memakai tiga jenis pengambilan data yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian menyoroti pada pelaksanaan program PIK Remaja di Desa Kerjo Lor masih mengalami hambatan di sub indicator yaitu kebutuhan remaja, kendala pemerintah, kondisi sosial dan ekonomi, sumber daya pelaksanaan program PIK Remaja masih memiliki kapasitas sumber daya yang rendah, tingkat partisipasi remaja dan manajemen kegiatan yang masih rendah, serta masih ada kendala dalam manfaat yang diberikan kepada remaja mengenai program PIK Remaja Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Kerjo Lor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih terdapat hambatan dalam pelaksanaan program PIK Remaja pada Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Kerjo Lor, sehingga harus ada perbaikan dalam permasalahan tersebut