skip to main content

ATRIBUT INOVASI PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) MELALUI WEBSITE SILOKA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

*Ichsan Rizky Wiratama  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Dyah Lituhayu  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Retno Sunu Astuti  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang

Citation Format:
Abstract
Kemajuan teknologi ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, yaitu berkembangnya sistem pelayanan publik melalui jaringan internet yang disebut webiste. Permasalahan administrasi kependudukan seperti pembuatan KIA dialami Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil baru bisa merealisasikan 42% dari target 45% kepemilikan KIA. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pelayanan publik melalui website SILOKA untuk mengatasi permasalahan pembuatan KIA di Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut inovasi website SILOKA dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi yang dikemukan oleh Rogers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan daya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi website SILOKA memenuhi atribut relative advantage, compatibility, complexity, trialibility, dan observability. Terdapat faktor penghambat pada inovasi website SILOKA dalam hal keengganan menutup program yang gagal, ketergantungan terhadap high performer, dan adanya teknologi namun terhambat budaya. Hal tersebut menjadi hambatan besar dalam menjalankan inovasi website SILOKA, sehingga harus adanya perbaikan dalam hambatan tersebut.
Fulltext View|Download
Funding: Inovasi Pelayanan Publik, Atribut Inovasi, Website SILOKA

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.