BibTex Citation Data :
@article{JTP54571, author = {Rivaldi Hutauruk and Untung Budiarto and Wilma Amiruddin}, title = {ANALISIS PENGARUH SANDBLASTING GARNETT, ALUMINIUM OXIDE, DAN SILICA DENGAN PARAMETER TEKANAN PADA KETETAPAN SUDUT TERTENTU TERHADAP COATING ADHESION BAJA A36}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {13}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {Surface Preparation; Coating; Sandblasting; Kekuatan Adhesi; Surface Roughness}, abstract = { Baja ASTM A36 banyak digunakan pada konstruksi kapal tetapi rentan terhadap korosi sehingga diperlukan perlindungan tambahan berupa pelapisan (coating). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode pelapisan (coating) dengan persiapan permukaan (surface preparation) melalui sandblasting menjadi penting untuk meningkatkan daya rekat dan guna lapisan pelindung. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah memvariasikan tekanan blasting (5 bar, 6 bar,7 bar) dengan ketetapan sudut pada setiap material abrasif (Garnett, Alox, Silica). Output atau hasil pada penelitian ini berupa data pengujian kekasaran permukaan dan kekuatan daya rekat adhesi cat pada permukaan baja ASTM A36. Metode yang digunakan adalah eksperimen nyata (real experiment) dengan proses blasting manual, diikuti pengujian kekasaran permukaan (ASTM D4417) dan daya rekat adhesi menggunakan pull-off test (ASTM D4541). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis material abrasif, tekanan, dan sudut penyemprotan berpengaruh signifikan terhadap nilai kekasaran dan daya rekat coating. Material Alox menghasilkan pengaruh paling kuat terhadap peningkatan daya rekat d an pada tekanan 7 bar pada sudut 60 o menghasilkan kekasaran permukaan tertinggi sebesar 71,8 µm, misalnya pada material Garnett bernilai 59,1 μm dibandingkan 5 bar sudut 45 o dengan nilai 42,3 μm dan 6 bar dengan nilai 47 μm . Secara umum, peningkatan tekanan penyemprotan cenderung meningkatkan nilai kekasaran, yang berbanding lurus dengan kekuatan lapisan adhesi. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/54571} }
Refworks Citation Data :
Baja ASTM A36 banyak digunakan pada konstruksi kapal tetapi rentan terhadap korosi sehingga diperlukan perlindungan tambahan berupa pelapisan (coating). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode pelapisan (coating) dengan persiapan permukaan (surface preparation) melalui sandblasting menjadi penting untuk meningkatkan daya rekat dan guna lapisan pelindung. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah memvariasikan tekanan blasting (5 bar, 6 bar,7 bar) dengan ketetapan sudut pada setiap material abrasif (Garnett, Alox, Silica). Output atau hasil pada penelitian ini berupa data pengujian kekasaran permukaan dan kekuatan daya rekat adhesi cat pada permukaan baja ASTM A36. Metode yang digunakan adalah eksperimen nyata (real experiment) dengan proses blasting manual, diikuti pengujian kekasaran permukaan (ASTM D4417) dan daya rekat adhesi menggunakan pull-off test (ASTM D4541). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis material abrasif, tekanan, dan sudut penyemprotan berpengaruh signifikan terhadap nilai kekasaran dan daya rekat coating. Material Alox menghasilkan pengaruh paling kuat terhadap peningkatan daya rekat dan pada tekanan 7 bar pada sudut 60o menghasilkan kekasaran permukaan tertinggi sebesar 71,8 µm, misalnya pada material Garnett bernilai 59,1 μm dibandingkan 5 bar sudut 45o dengan nilai 42,3 μm dan 6 bar dengan nilai 47 μm. Secara umum, peningkatan tekanan penyemprotan cenderung meningkatkan nilai kekasaran, yang berbanding lurus dengan kekuatan lapisan adhesi.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License