skip to main content

Analisa Stabilitas Kapal Ikan Purse Seiner Dengan Kondisi Hauling Untuk Perairan Laut Jawa

*Mudrik Chandra Diwangkara  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Keselamatan awak kapal sangat dipengaruhi oleh stabilitas kapal, pada kapal ikan stablitasnya dipengaruhi oleh bentuk lambung dan jenis alat tangkap yang digunakan. Di Indonesia masih banyak nelayan yang menggunakan alat tangkap tipe purse seine, dimana tipe alat tangkap ini dapat memberikan kondisi ekstrim terhadap stabilitas melintang kapal ketika hauling. Penelitian ini mengkaji stabilitas kapal ikan baik dalam kondisi normal maupun hauling. Perhitungan menggunakan metode strip theory pada Maxsurf dan dibandingkan dengan standar kriteria IMO 2008 dan Maritime & Coastguard Agency menghasilkan nilai stabilitas kapal ikan yang baik ketika kondisi normal. Kondisi hauling mempengaruhi stabilitas kapal secara signifikan, hingga mengalami kegagalan dalam kriteria GZ area 0° – 30° dengan nilai 0,0482 m.rad. Hal ini disebabkan oleh perubahan nilai KG yang signifikan dibandingkan dengan kondisi normal. Sehingga beban hauling maksimal yang dapat digunakan adalah 250 kg, dengan beban tersebut stabilitas kapal ikan masih tetap memenuhi standar kriteria
Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Ikan; Stabilitas; Purse Seine; Hauling
  1. Direktorat Statistik Ketahanan Sosial, Statistik Sumber Daya Laut dan Pesisir 2024, vol. 21. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2024
  2. M. Harianto, “KKP: Produksi perikanan dan rumput laut 18,26 juta ton hingga Oktober,” Antara, Jakarta, 2024
  3. A. Susanto, B. H. Iskandar, dan M. Imron, “Evaluasi Desain dan Stabilitas Kapal Penangkap Ikan Di Palabuhanratu (Studi Kasus Kapal PSP 01),” Mar. Fish. J. Mar. Fish. Technol. Manag., vol. 2, no. 2, hlm. 213, 2013
  4. Y. Purwanto, B. H. Iskandar, M. Imron, dan B. Wiryawan, “Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal dan Regulasi Pada Kapal Pole And Line Di Bitung, Sulawesi Utara,” Mar. Fish. J. Mar. Fish. Technol. Manag., vol. 5, no. 2, hlm. 181–191, 2016
  5. E. Eliopoulou, A. Alissafaki, dan A. Papanikolaou, “Statistical Analysis of Accidents and Review of Safety Level of Passenger Ships,” J. Mar. Sci. Eng., vol. 11, no. 2, hlm. 410, 2023
  6. I. Bačkalov dkk., “Ship Stability, Dynamics and Safety: Status and Perspectives From a Review of Recent STAB Conferences and ISSW Events,” Ocean Eng., vol. 116, hlm. 312–349, 2016
  7. Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, “Jumlah Alat Penangkapan Ikan Perikanan Laut.” Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, 2023
  8. Y. Wang, G. Shi, dan X. Sun, “Effect of Loading and Unloading Heavy Cargo on a Heavy-lift Ship Stability,” dalam 2018 3rd IEEE International Conference on Intelligent Transportation Engineering (ICITE), Singapore: IEEE, 2018
  9. J. L. Mantari, S. Ribeiro E Silva, dan C. Guedes Soares, “Intact Stability of Fishing Vessels Under Combined Action of Fishing Gear, Beam Waves and Wind,” Ocean Eng., vol. 38, no. 17–18, hlm. 1989–1999, 2011
  10. J. Schuler Frantzen, M. A. Celis Carbajal, dan M. R. Manco Rivera, “Fishing Ship Stability During Purse Seining: Industrial Anchovy Fishing in Peru,” Mar. Syst. Ocean Technol., vol. 20, no. 2, hlm. 23, 2025
  11. FAO, “Fishing Vessel Design Database (FVDD). Fish Carrier - 13.2m,” Fish. Aquac., 2025

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.