BibTex Citation Data :
@article{JTP51780, author = {Andi Rizki Ridata and Hartono Yudo and Samuel Samuel}, title = {Analisis Perawatan Berbasis Keandalan Sistem Fuel Oil Purifier Pada MT. Cordelia W}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {13}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Sistem bahan bakar kapal memegang peran krusial karena secara langsung memengaruhi kinerja main engine. Main engine bekerja secara 24 jam dalam pengoperasian kapal sehingga perlu metode khusus untuk pencegahan kerusakan pada main engine, khususnya pada bagian sistem fuel oil purifier. Fuel Oil Purifier merupakan peralatan bantu di kapal yang mempunyai peranan penting dalam memisahkan bahan bakar dari air dan kotoran. Penggunaan bahan bakar yang bersih adalah untuk menunjang pengoperasian mesin induk dalam menghasilkan pembakaran yang sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem Fuel Oil Purifier pada kapal MT. Cordelia W menggunakan metode keandalan karena kegagalan pada sistem ini akan berdampak langsung pada mesin induk kapal. Metode keandalan digunakan untuk memeriksa sistem bahan bakar dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kualitatif, digunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Untuk analisis kuantitatif, digunakan analisis data, pencarian Reliability Block Diagram (RBD), dan simulasi Monte Carlo. Pada penelitian ini menunjukkan hasil RPN terbesar adalah 270 dengan komponen bowl & disc dan crank case . Hasil simulasi menunjukkan availability sebesar 0,962333 dan MTTF adalah 1659,548047 jam. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak komponen yang dianalisis keandalannya, maka semakin kecil nilai MTTF, dan sebaliknya. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/51780} }
Refworks Citation Data :
Sistem bahan bakar kapal memegang peran krusial karena secara langsung memengaruhi kinerja main engine. Main engine bekerja secara 24 jam dalam pengoperasian kapal sehingga perlu metode khusus untuk pencegahan kerusakan pada main engine, khususnya pada bagian sistem fuel oil purifier. Fuel Oil Purifier merupakan peralatan bantu di kapal yang mempunyai peranan penting dalam memisahkan bahan bakar dari air dan kotoran. Penggunaan bahan bakar yang bersih adalah untuk menunjang pengoperasian mesin induk dalam menghasilkan pembakaran yang sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem Fuel Oil Purifier pada kapal MT. Cordelia W menggunakan metode keandalan karena kegagalan pada sistem ini akan berdampak langsung pada mesin induk kapal. Metode keandalan digunakan untuk memeriksa sistem bahan bakar dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kualitatif, digunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Untuk analisis kuantitatif, digunakan analisis data, pencarian Reliability Block Diagram (RBD), dan simulasi Monte Carlo. Pada penelitian ini menunjukkan hasil RPN terbesar adalah 270 dengan komponen bowl & disc dan crank case. Hasil simulasi menunjukkan availability sebesar 0,962333 dan MTTF adalah 1659,548047 jam. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak komponen yang dianalisis keandalannya, maka semakin kecil nilai MTTF, dan sebaliknya.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License