BibTex Citation Data :
@article{JTP49443, author = {Gigih Jati and Hartono Yudo and Kiryanto .}, title = {Analisis Engine Propeller Matching pada Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 500 DWT}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {13}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {Analisi engine propeller matching, kapal perintis 500 DWT, KM. Sabuk Nusantara}, abstract = { Kapal perintis berperan sebagai alat transportasi dalam menghubungkan daerah terpencil di Indonesia, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang memungkinkan frekuensi pelayaran lebih sering sehingga mndorong pertumbuhan ekonomi di daerah untuk memberikan dampak yang lebih luas bagi sektor transportasi laut di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional kapal perintis melalui optimalisasi propeller matching khususnya untuk kapal dengan karakteristik propeller pada kapal perintis. Dengan menggunakan metode Holtrop, penelitian ini menghitung hambatan kapal dihitung berdasarkan paramter teknis seperti panajng garis air, lebar maksimum, draft, dan koefisien blok. Hasil perhitungan hambatan digunakan untuk menentukan daya mesin optimal yang mendukung efisiensi propulsi. Pada analisis mendalam terhadap propeller tipe B4-70 menunjukan bahwa kombinasi area ratio Ae/Ao 0,6 – 0,8 dengan diameter 1,29 m, dan putaran mesin 1700 rpm menghasilkan efisiensi tertinggi menggunakan gearbox ratio 1:3,26 kapal dapat mencapai kecepatan maksimum 12 knot dengan efisiensi bahan bakar sebesar 1,5 ton/jam. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis berupa peningkatan efisiensi bahan bakar dan pengurangan biaya operasional jangka panjang. Selain itu, penelitian ini mendukung pengembangan transportasi laut yang lebih ekonomis dan berkelanjutan melalui pengutan kinerja propulsi serta model prediksi konsumsi bahan bakar yang lebih akurat, khusunya untuk pelayaran kapal perintis di Indonesia. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/49443} }
Refworks Citation Data :
Kapal perintis berperan sebagai alat transportasi dalam menghubungkan daerah terpencil di Indonesia, untuk
mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang memungkinkan frekuensi pelayaran lebih sering sehingga mndorong
pertumbuhan ekonomi di daerah untuk memberikan dampak yang lebih luas bagi sektor transportasi laut di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional kapal perintis melalui optimalisasi propeller matching
khususnya untuk kapal dengan karakteristik propeller pada kapal perintis. Dengan menggunakan metode Holtrop,
penelitian ini menghitung hambatan kapal dihitung berdasarkan paramter teknis seperti panajng garis air, lebar
maksimum, draft, dan koefisien blok. Hasil perhitungan hambatan digunakan untuk menentukan daya mesin optimal yang
mendukung efisiensi propulsi. Pada analisis mendalam terhadap propeller tipe B4-70 menunjukan bahwa kombinasi area
ratio Ae/Ao 0,6 – 0,8 dengan diameter 1,29 m, dan putaran mesin 1700 rpm menghasilkan efisiensi tertinggi
menggunakan gearbox ratio 1:3,26 kapal dapat mencapai kecepatan maksimum 12 knot dengan efisiensi bahan bakar
sebesar 1,5 ton/jam. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis berupa peningkatan efisiensi bahan bakar dan
pengurangan biaya operasional jangka panjang. Selain itu, penelitian ini mendukung pengembangan transportasi laut
yang lebih ekonomis dan berkelanjutan melalui pengutan kinerja propulsi serta model prediksi konsumsi bahan bakar
yang lebih akurat, khusunya untuk pelayaran kapal perintis di Indonesia.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License