skip to main content

Analisa Stabilitas Kapal Kontainer 25000 DWT Rute Perairan Surabaya - Kobe

*Indrajati Restu Ladosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis stabilitas kapal kontainer MV Barakallah dengan kapasitas 25.000 DWT pada rute perairan Surabaya-Kobe, berdasarkan standar IMO Code A.749(18) Chapter 3. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, pemodelan ulang kapal menggunakan software Maxsurf Modeler, serta analisis stabilitas dengan Maxsurf Stability. Analisis dilakukan pada tujuh kondisi pembebanan yang mencakup variasi tingkat muatan dan pengisian tangki. Hasil menunjukkan bahwa ketujuh kondisi memenuhi standar IMO, sementara tiga kondisi, yaitu kondisi 1, 2, dan 3 tidak memenuhi kriteria stabilitas pada kriteria angel of heel karena tidak memenuhi syarat minimal nilai dari angel of heel pada standar IMO. Perbedaan hasil antara analisis menggunakan Microsoft Excel dan Maxsurf Stability menunjukkan pentingnya verifikasi metode perhitungan. Penelitian ini menekankan perlunya memperhatikan distribusi muatan, pengaturan ballast, dan desain sistem stabilitas untuk meningkatkan keselamatan operasional kapal. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam perancangan kapal kontainer yang aman dan efisien sesuai standar internasional.

Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Kontainer; Stabilitas Kapal; Analisis Stabilitas; Stabilitas statis; Gaya apung.
  1. Alfaruqi M., A. Trimulyono, and A. F. Zakki, “Perancangan Kapal Container 21300 Dwt Untuk Rute Pelayaran Jakarta – Makasar”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. XX, No X, Juni 2024
  2. Abizzar M. A., A. W. B. Santosa, and S. J. Sisworro, “Perancangan Kapal Container 4000 Teu Untuk Rute Jakarta – Shanghai”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 12, No. 2, April 2024
  3. Dharmala A. P., Kiryanto, and A. W. B. Santosa, “Perencanaan Kapal Container 12500 Dwt Untuk Rute Pelayaran Surabaya – Banjarmasin”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 12, No. 03, Juli 2024
  4. Abdurohman A., A. Trimulyono, and W. Amirudin, “Analisa Hambatan Angin Dan Stabilitas Kapal Super Container 18.000 Teus (Malacca-Max)”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 4, No. 1, Januari 2016
  5. Adietya B. A., D. Chrismianto, and L. M. Fatwa, “Pengembangan Desain Hull Kapal Container 190 Teus Sebagai Alternatif Tol Laut Untuk Pelayaran Banyuwangi – Jakarta”, KAPAL, Vol. 12, No. 3, Oktober 2015
  6. Caamano L. S., M. M. Gonzalez, and V. D. Casas, “On the Feasibility of a Real Time Stability Assessment for Fishing Vessels”, Ocean Engineering, 159, 76-87
  7. Bačkalov I, B. Bulian, and J. Cichowicz, “Ship Stability, Dynamics and Safety: Status and Perspectives from are View of Recent STAB Conferences and ISSW Events”, Ocean Engineering, 116, 312-349, 2016
  8. Jung S. K., M. I. Roh, and K. S. Kim, “Arrangement Method of a Naval Surface Ship Considering Stability, Operability, and Survivability. Journal Ocean Engineering, 152, 316-333, 2018
  9. Marlantes, K. E., S. Kim, and L. A. Hurt, “Implementation of The IMO Second Generation Intact Stability Guidelines” Jurnal of Marine Science and Enginering,10, 41, 2022
  10. Anggriani A. D. E., et.al. “Intact Stability Analysis of a Container Ship Due to Containers Stowage on Deck” IOP Conf. Series: Earth and Enviromental Science, 972, 2022
  11. G. W. Kayadoe, H. V. Dien, and R. D. C. Pamikiran, “Kajian tentang stabilitas KM. Surya Prima yang dibuat di Desa Borgo, Kec. Tanawangko, Kab. Minahasa,” J. Ilmu Dan Teknol. Perikan. Tangkap, vol. 2, no. 1, pp. 19–22, 2015, doi: 10.35800/jitpt.2.1.2015.8330
  12. N. S. A. Shahrom et al., “Feasibility study of monsoon effect on wave power for wave energy converter in Sabah, Malaysia,” Trans. Marit. Sci., vol. 10, no. 2, pp. 396– 403, 2021, doi: 10.7225/toms.v10.n02.w05
  13. D. Jin, H. L. Kite-Powell, E. Thunberg, A. R. Solow, and W. K. Talley, “A model of fishing vessel accident probability,” J. Safety Res., vol. 33, no. 4, pp. 497–510, 2002, doi: 10.1016/S0022-4375(02)00050-6
  14. R. H. Ardiansyah, Samuel, and I. P. Mulyatno, “Analisa Stabilitas Kapal Roro Passanger 5000GT Merak-Bakauheni Dengan Variasi Lebar Dan Panjang Bilge Keel,” Tek. Perkapalan, vol. 2, no. 3, pp. 345–351, 2014
  15. C. A. Adhitama, E. S. Hadi, and S. Jokosisworo, “Analisa Stabilitas Dan Olah Gerak (Seakeeping) Kapal Pada MV. Pan Marine Setelah Dikonversi Dari Kapal Kru Menjadi Kapal Wisata,” J. Tek. Perkapalan, vol. 07, no. 1, pp. 37–48, 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.