skip to main content

Analisa Teknis dan Ekonomis Setelah Penambahan Layar Pada Kapal Penangkap Rajungan di Perairan Rembang

*Benyamin Natanael Wiyonoputro  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Para nelayan rajungan khususnya di wilayah perairan Rembang mengalami kesulitan dikarenakan kenaikan harga BBM jenis solar. Karena permasalahan tersebut, membuat peneliti ingin mencari alternatif lain sebagai penggerak kapal dengan memanfaatkan daya dorong angin untuk menekan biaya. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan pada kapal penangkap rajungan KM. Surya Jati Luhur di wilayah Rembang dengan memasang layar sebagai penggerak alternatif. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan luasan atau dimensi layar yang minimum dan tidak mengganggu aktifitas awak kapal diatas kapal tetapi memiliki daya dorong atau kecepatan kapal yang maksimum, serta mengurangi biaya pengeluaran BBM. Penelitian ini menggunakan bantuan software Maxsurf Velocity Prediction Program (VPP). Berdasarkan hasil analisa di dapatkan ada 3 variasi bentuk yaitu layar A trapezium, layar B bermuda, layar C junk dengan luas total 33,255 m2  terdiri mainsail 18,438 m2 dan foresail 14,817 m2. Dengan penambahan layar ini, dapat menekan biaya BBM jenis solar yang sebelumnya menghabiskan solar sebesar 170 liter dengan total penggunaan 1 tahun 24 trip Rp 27.744.000 menjadi Rp5.478.624 dalam 1 tahun 24 trip. Dari sini kita lihat dengan penambahan layar pada KM. Surya Jati Luhur ini dapat menghemat 80% penggunaan BBM dan biaya yang dikeluarkan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Layar; Stabilitas; Mailsail; Foresail; Kapal tradisional
  1. Oky lukmansyah, “Solar Langka, Nelayan Ngeluh Susah Melaut,” CNN Indonesia. Diakses: 8 April 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220408130655-85-782149/solar-langka-nelayan-ngeluh-susah-melaut
  2. E. S. Zakki, Ahmad Fauzan and Hadi, “Studi Perancangan Desain Layar Pada Perahu Motor Temper Untuk Mengurangi Konsumsi BBM Dalam Operasi Penangkapan Ikan,” Jurnal Fakultas Teknik Undip. 2006
  3. Y. Yoshimura, “A Prospect of Sail-Assisted Fishing Boats,” Fisheries Science, vol. 68, Mar 2002, doi: 10.2331/fishsci.68.sup2_1815
  4. R. Sembiring dan A. Wibawa Budi Sentosa, “ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS PEMAKAIAN LAYAR PADA KAPAL IKAN KM SRI WULAN III,” 2015
  5. Y. Rianto dan A. Nasirudin, “Analisis Ukuran dan Bentuk Layar Kapal Ikan Jenis Purse Seine; Studi Kasus: KM Maju,” Institut Teknologi Sepuluh November, 2017
  6. Kurniawan iwan, “Studi Penentuan Jumlah Dan Jenis Layar Yang Optimal Pada Sistem Propulsi Kombinasi Layar Dan Motor Pada Kapal Kayu Penangkap Ikan ”Cahaya Bone”,” Institut Teknologi Sepuluh November, no. PENENTUAN JUMLAH DAN JENIS LAYAR, Jul 2006
  7. Goenaryo. Hamdan Nurul Huda. Deddy Chrismianto, “Kapal perikanan – Metode pengukuran kapal perikanan – Kapal kayu,” 2021
  8. J. D. Mannen, “Resistance,” 2 ed., vol. vol 2, J. D. Mannen, Ed., USA: Principles of Naval Architecture 2 , 1988
  9. Holtrop, “A Statistical Power Prediction Method,” Netherlands: NSMB, 1978
  10. IMO, “Code On Intact Stability For All Types Of Ships,” vol. 749, no. November, 2002

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.