skip to main content

Perancangan Kapal General Cargo 22200 DWT Untuk Rute Pelayaran Surabaya - Balikpapan

*Muhammad Farhan Naufal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tuswan Tuswan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pembangunan IKN serta pemerataan pembangunan di pulau Kalimantan mendorong kebutuhan pengangkutan muatan kargo melalui transportasi laut sebagai konektivitas antar pulau. Kapal General cargo dirancang untuk menunjang proses distribusi berbagai jenis muatan. Penelitian ini bertujuan merancang kapal kargo yang mempermudah dalam pengiriman muatan barang melalui jalur laut dan tentunya sesuai dengan karakteristik rute perairan wilayah Surabaya – Balikpapan. Perancangan kapal general cargo mengambil pendekatan regresi linear menggunakan 10 data kapal yang telah ada sebagai pembanding untuk menetukan ukuran utama kapal. Kemudian dilakukan pembuatan lines plan, rencana umum, perhitungan hambatan, analisa hidrostatik dan analisa  stabilitas. Perancangan kapal menggunakan metode perbandingan untuk mendapatkan  ukuran  utama kapal, software Maxsurf untuk pemodelan dan analisa karakteristik kapal. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu Lpp = 162,31 m, B = 25,47 m, H = 14,33 m, T = 10.2 m, Vs = 13,6 knot, dengan displacement 33652 ton dan Cb = 0,75. Nilai hambatan kapal didapatkan dengan perhitungan manual dan divalidasikan dengan software maxsurf sebesar 375,4 KN dan power sebesar 2626 Hp pada kecepatan 13,6 knot. Dalam pengujian hidrostatik dan stabilitas kapal diperoleh kesimpulan bahwa kapal lah memenuhi kriteria stabilitas IMO Is Code 2008 A.749 (18) pada 4 kondisi muatan berbeda.

Fulltext View|Download
Keywords: General Cargo; Perancangan; Rencana Garis; Hidrostatik
  1. A. M. Daniswari, I. W. Agustin, and S. Hariyani, “Kinerja Operasional Pelabuhan Semayang Balikpapan,” 2023
  2. R. Maulidi, & Suryani, E. Perencanaan Kapasitas Terminal General Cargo Dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Sisfo, 5.2015
  3. S. Supriyono, Analisis Kinerja Terminal Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Kasus Di Pt. Terminal Petikemas Surabaya) (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).2010
  4. F. D. Siregar, A. F. Zakki, & I. P. Mulyatno, Analisa Perbandingan Desain Konstruksi Kapal Bulk Carrier di Perairan North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways Dengan Menggunakan Regulasi BKI. Jurnal Teknik Perkapalan.2018
  5. S. Anwar, “The Governance of the Surabaya’s West Shipping Channel,” J Econ Bus, vol. 3, no. 4, Dec. 2020, doi: 10.31014/aior.1992.03.04.292
  6. R. R. Danang, Pengaruh Keamanan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kegiatan Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Karya Tulis.2021
  7. R. Fikri, B. A. arswendo, and D. Chrismianto, “Studi Perancangan Kapal General Cargo 2000 DWT untuk Rute Pelayaran Jakarta -Makassar” 2016
  8. J. Holtrop and G. G. J. Mennen, “An Approximate Power Prediction Method.”.1978
  9. Santosa, I Gusti Made, Diktat Kuliah Perencanaan Kapal. ITS Surabaya.1999
  10. D. Wignar, Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu (Dwelling Time) Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Iii Persero Surabaya). Skripsi.2021
  11. S. R. Nainggolan, “Perancangan Kapal Container 120 Teu Untuk Rute Pelayaran Tanjung Mas - Tanjung Pinang,” Kapal, Vol. 5, No. 4, Pp. 1 - 2, 2017
  12. Y. A. Pratama, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengurusan Transportasi (Jpt) Pt. Pelabuhan Wapnor Biak (Doctoral Dissertation, Iisip Yapis Biak).2022
  13. O. Gaidai, J. Sheng, Y. Cao, Urban, Planning And Transport Research.2024
  14. A. Yulianto, I. Purnaningratri, & Purwaningsih, I. Efektivitas Penerapan Port Waste Management System Pada Inaportnet Terhadap Pelaporan Data Limbah Di Atas Kapal Di Pelabuhan Tanjung Priok. Journal Marine Inside, 1-13.2021
  15. H. P. dan R. J. Sulaiman Ali, “Perancangan Bangunan Kapal General Cargo 17000 DWT untuk Rute Pelayaran Jakarta -Semarang,” 2021
  16. R. P. R. Pedrason, Belt And Road Initiative Peluang Dan Tantangan. Jakad Media Publishing.2021
  17. A. Djamaluddin, Perencanaan Pelabuhan Dan Terminal Petikemas. Nas Media Pustaka.2023
  18. A. J. Karso, Implementasi Kebijakan Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Sebagai Kepala Pemerintahan Di Pelabuhan Guna Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Secara Profesional Dan Akuntabel Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Lingkungan Kepelabuhanan. Penerbit Insania.2021
  19. L. Hakim, Penentuan Rute Pelayaran Terbaik Untuk Mendukung Program Tol Laut NKRI (Studi Kasus: Rute Pelayaran Pelabuhan Belawan Menuju Pelabuhan Tanjung Priok). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 160-168.2016
  20. Lewis, Edward V, “Motion In Waves and Controllability”, Principles of Naval Architecture Volume III Second Revision, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA.1989

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.